Sistem panel surya atap: solar pv off grid di Indonesia, atau biasa disebut solar home system (SHS), merupakan salah satu aplikasi panel surya yang banyak digunakan pengguna perorangan di daerah terpencil.

SHS memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Diperkenalkan pada pertengahan tahun 90an, sistem ini dapat dijual hingga menembus harga lebih dari 20 jutaan terpasang. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi panel surya, sekarang sistem ini dapat dibeli mulai harga 500 ribuan.

Solar PV off grid pada Atap

Solar pv off grid banyak diaplikasikan untuk kebutuhan kecil, seperti lampu penerangan saja atau untuk perangkat pompa air, atau juga hanya untuk catu daya laptop. Hal ini dikarenakan sistem ini memanfaatkan baterai sebagai sumber penyimpanan daya.

Baterai merupakan keharusan dalam sistem solar PV off grid, karena daya yang dihasilkan oleh panel surya akan terlebih dahulu disimpan untuk dapat digunakan kemudian. Sehingga daya kapasitas dan waktu penggunaan menjadi terbatas.

Secara umum, solar PV off grid dapat dipasang mulai dari kapasitas 10 Wp hingga kapasitas Mega Watt peak. Khusus untuk rumah tangga, aplikasi yang mungkin dipasang adalah kapasitas dibawah 1000 watt peak. Hal ini dikarenakan:

  1. Penggunaan baterai menyebabkan nilai investasi menjadi besar dan kurang ekonomis untuk digunakan di wilayah yang memiliki akses listrik PLN yang cukup baik.
  2. Baterai yang biasa digunakan memiliki umur pakai dibawah 2 tahun, dan membutuhkan pergantian. Sehingga pengguna harus menghitung biaya tambahan selama 25 tahun penggunaan sistem panel surya.
  3. Penggunaan baterai lithium juga belum cukup baik, karena biaya investasinya yang masih terbilang cukup besar.

solar pv off grid

Namun, sistem ini sangat cocok untuk digunakan di wilayah-wilayah yang belum mendapatkan akses listrik, seperti daerah terpencil atau daerah kepulauan. Hal ini dikarenakan:

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address
  1. Sistem panel surya dan kelengkapannya dapat dibawa dan dipasang di manapun, selama area tersebut mendapatkan cukup matahari.
  2. Sistem dapat bekerja mandiri dan otomatis, tanpa harus ada operator.
  3. Komponen sistem panel surya sudah mudah ditemukan dan diganti jika ada kerusakan, terutama baterai.
  4. Untuk penggunaan jangka waktu lama, sistem panel surya atap: solar PV off grid ini terbilang “murah” dan minim perawatan.

Bagaimana cara memasang solar PV off grid?

Sistem ini memiliki banyak jenis sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan. Secara garis besar berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam pemasangan:

  1. Kenali karakter atap rumah anda! Dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut:
    • Menghadap kemana arah atap anda?
    • Berapa besar kebutuhan listrik yang anda gunakan setiap harinya?
  2. Hitung kebutuhan sistem panel surya anda dengan menjumlahkan seluruh beban listrik anda dikali dengan waktu penggunaan dikali dengan jumlah unit lalu dibagi waktu radiasi matahari (standar minimal di Indonesia: 3-4,5 jam/hari).
    • Misalkan anda menggunakan 1 lampu LED sebanyak 3 unit selama 10 jam, maka anda akan mendapatkan kebutuhan adalah 30 Wh per harinya.
    • Jika kita menggunakan standar radiasi matahari 3 jam/hari, maka akan didapat kebutuhan panel surya anda adalah 10 Wp.
    • Untuk mempermudah perhitungan, silahkan gunakan aplikasi kalkulator off grid janaloka berikut >
  3. Gunakan produk yang berkualitas! salah satu cara mengetahuinya adalah temukan penyedia barang yang menjamin garansi produk dan memiliki pengalaman pemasangan sistem panel surya atap yang telah terbukti berfungsi minimal 1 tahun.
  4. Jangan ragu untuk bertanya! manfaatkan aplikasi konsultasi janaloka atau forum-forum pemasangan panel surya atap untuk memahami lebih jauh sistem yang akan anda gunakan.

jadi, mau untuk mencoba solar PV off grid? Kunjungi halaman konsultasi untuk diskusi lebih jauh atau hubungi [email protected].

 

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2016/12/off-grid.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2016/12/off-grid-300x225.jpgGalih RadityaApplicationaplikasi,Asitektural,baterai,business,community,design,development,Financing,Indonesia,inovation,janaloka.com,renewable energy,solar panel,solar system,technologySistem panel surya atap: solar pv off grid di Indonesia, atau biasa disebut solar home system (SHS), merupakan salah satu aplikasi panel surya yang banyak digunakan pengguna perorangan di daerah terpencil. SHS memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Diperkenalkan pada pertengahan tahun 90an, sistem ini dapat dijual hingga menembus harga...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: