Invention

Panel Surya ini Mampu Menghasilkan 5 Liter Air per Hari

Panel Surya ini Mampu Menghasilkan 5 Liter Air per Hari – Seketika masa depan energi listrik menjadi cerah, setelah panel surya mampu memproduksi energi listrik rumahan secara mandiri. Namun, ketika berbicara air, tidak banyak teknologi alternatif yang mampu memproduksi sumber air bersih.

Manusia masih bergantung pada mata air terdekat, yang terkadang belum tentu menyediakan air sepanjang tahun. Air hujan pun menjadi salah satu alternatif, meski pada akhirnya pembelian air dalam kemasan untuk konsumsi sehari-hari menjadi pilihan.

Sekarang, telah ditemukan sebuah inovasi teknologi yang memberikan kemudahan kontrol terhadap persediaan air bersih yang bisa diterapkan untuk ide bisnis maupun untuk pemasokan kebutuhan air rumah tangga. Idenya adalah mengumpulkan uap air dari udara lalu mengondensasikannya hingga menjadi air. Salah satu perusahaan yang menawarkan teknologi ini adalah Zero Mass Water.

Panel surya air minum

Zero Mass Water, startup bentukan Arizona State University yang berbasis di Scottsdale, telah mengembangkan “panel surya air minum” yang merupakan sebuah sistem mandiri. Panel ini diberi nama SOURCE, dan telah diujicobakan pada lingkungan pemukiman sekitar mereka sejak 2015 silam.

Panel Surya ini Mampu Menghasilkan 5 Liter Air per Hari

Satu unit SOURCE dengan luasan 2.8 meter persegi mampu menghasilkan energi listrik melalui panel surya photovoltaic (dan menyimpannya sebagian ke dalam baterai li-on, untuk menjaga tekanan air pada malam hari), lalu menggunakan energi listrik tersebut untuk melangsungkan siklus kondensasi dan evaporasi yang mampu menghasilkan 2-5 liter air per hari.

Resapan berkapasitas 30 liter dapat menampung air yang dihasilkan dan memungkinkan air yang di destilasi memperoleh mineral yang dibutuhkan. Lalu, air langsung mengalir ke dalam jaringan air rumahan. Unit-unit SOURCE bisa dipasang secara bersamaan sesuai dengan kebutuhan air pemilik rumah.

Perawatan yang dibutuhkan SOURCE adalah penggantian filter baru setiap tahun serta penggantian selongsong mineral setiap 5 tahun sekali. Harga resmi unit ini belum dipublikasikan, namun Phoenix Business Journal mengemukakan harganya $4,800, “$3,200 adalah harga panelnya dan $1,600 untuk panel tambahan.”

Panel Surya ini Mampu Menghasilkan 5 Liter Air per Hari

Salah satu tujuan perusahaan ini adalah memperluas akses air secara global, sehingga setiap konsumen diminta untuk membiayai panel tambahan yang nantinya dipasang di area yang masih minim atau belum memiliki infrastruktur jaringan air.

“Saat anda membeli Panel SOURCE, anda telah memiliki sumber air anda sendiri. Untuk membeli panel tersebut, kami akan meminta anda untuk membayar panel tambahan. Panel tambahan tersebut akan dipasang di masyarakat yang telah anda tentukan, keluarga-keluarga yang miskin atau belum memiliki infrastruktur air.

Dengan terpasangnya Panel SOURCE di komunitas mereka, anda telah mempercepat demokratisasi air. Anda memilih daerahnya dan kemudian partner kami di seuruh dunia mengidentifikasi keluarga-keluarga yang belum memiliki sumber air bersih (dimulai dari Amerika Latin, Timur Tengah, dan Amerika Serikat).

Mereka tidak mendapatkan panel ini secara gratis, karena tetap akan dikenakan biaya pengiriman dan instalasi. Sehingga, Panel Surya ini Mampu Menghasilkan 5 Liter Air per Hari untuk dua rumah tangga masing-masing secara bersamaan.” – ujar Cody Friesen, Founder dan CEO Zero Mass Water

Terjemahan dari Derek Markham (@derekmarkham)

1 Komentar

  1. Right here is the perfect website for everyone who
    would like to find out about this topic. You understand a whole lot its almost tough to argue with
    you (not that I really will need to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a subject which has been written about for many years.
    Great stuff, just great!

    Balas

Apa komentar anda?

2 + 3 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia