Panel Surya Di Atap Rumah Oleh REI dan EBTKE – Dalam rangka mendorong penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai sumber listrik, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan perjanjian kerjasama di acara Indo EBTKE ConEx 2017. Salah satu kerjasama yang dilakukan adalah proyek Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) dengan Real Estate Indonesia (REI) terkait dengan pengembangan solar panel di atap-atap rumah.

“Kerjasama ini bertujuan untuk membuat energi mandiri pada masyarakat. Dengan menggandeng REI maka setiap pembangunan perumahan ke depannya akan menggunakan sumber EBT yaitu dengan solar panel sebagai sumber listrik,” kata Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Yunus Saefulhak.

Pengembangan Panel Surya Di Atap Rumah Oleh REI dan EBTKE

Yunus mengatakan, kerjasama pengembangan rumah mandiri energi ini masih dalam tahap studi di mana lokasi yang akan dibangun. Jika studi selasai maka akan dibangunkan projek percontohan untuk projek ini.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Yunus mengakui bahwa penggunaan solar panel sebagai atap rumah membutuhkan biaya investasi awal yang cukup besar dan dapat membuat harga rumah pun mahal. Walaupun setelah dihitung dalam waktu penggunaan, justru sistem ini akan lebih murah dan ramah lingkungan. Untuk itu, akan dilakukan kerjasama pembiayaan guna mendapatkan pembiayaan rumah murah melalui clean technology fund atau global fund seperti Bank Dunia.

Pengembangan sistem energi surya pada atap ini, tidak hanya di bangunan rumah, melainkan di lingkungan perumahan itu dibangun seperti di penerangan jalan umum (PJU). Sehingga diharapkan tiap kluster perumahan memiliki sumber energi mandiri. Ke depannya, pengembangan energi bersih ini bisa saja dikelola secara mandiri oleh pengembang, atau bisa juga masuk ke jaringan listrik milik PT PLN.

Indo EBTKE Conex merupakan acara rutin setiap tahun yang diselenggarakan Direktorat Jenderal EBTKE bersama Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) dan telah dimulai sejak 2012. Acara ini bertujuan mensinergikan pemikiran dan tindakan seluruh pemangku kepentingan energi baru, terbarukan dan konservasi energi dalam membangun ketahanan energi nasional.

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) merupakan wadah yang menghimpun pengusaha-pengusaha yang bergerak dalam bidang real estate di Indonesia. Didirikan pada 1972 di Jakarta, REI terus berkembang dengan mengisi pembangunan Indonesia, terutama di bidang perumahan.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/09/REI-EBTKE-panel-surya-atap-janaloka.jpeghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/09/REI-EBTKE-panel-surya-atap-janaloka-300x189.jpegJanalokaEventInitiativesRooftop PVAsitektural,business,community,development,Event,feed in tarif,Financing,Indonesia,janaloka.com,MPPT,net metering,Panel surya,panel surya atap,panel surya murah,panel surya untuk rumah,Pemerintah,PLTS,produk,renewable energy,solar systemPanel Surya Di Atap Rumah Oleh REI dan EBTKE - Dalam rangka mendorong penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai sumber listrik, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan perjanjian kerjasama di acara Indo EBTKE ConEx 2017. Salah satu kerjasama yang dilakukan adalah proyek Energi Baru Terbarukan dan Konservasi...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: