Invention

Panel Surya Cetak sedang Uji Coba Tahap Akhir di New South Wales

Di saat bencana menyerang, baik yang timbul karena ulah manusia atau memang karena faktor alam, listrik adalah salah satu sumber daya yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Berangkat dari alasan tersebut, Profesor Paul Dastoor telah bekerja selama puluhan tahun mengembangkan panel surya cetak, atau disebut Printed Solar PV, yang sangat ringan dan mampu menghasilkan listrik.

Inovasi Panel Surya Cetak

Panel surya yang terbilang revolusioner ini dibuat dengan mencetakkan tinta elektronik pada lembaran plastik. Bobot dan ukurannya yang sangat ringkas bisa dikirim dengan cepat menuju lokasi terjadinya bencana.

Panel Surya Cetak
Pencipta Panel Surya Cetak, Profesor Paul Dastoor, di lokasi uji coba University of Newcastle. (Sumber foto: abc.net.au)

“Apa yang sangat kami pahami ketika bencana terjadi adalah orang-orang sangat membutuhkan listrik,” kata Dastoor. “Kebanyakan listrik dihasilkan dari generator diesel, dan anda juga harus menyediakan bahan bakar solar untuk membuatnya bekerja.”

Dibandingkan dengan panel berbahan silikon yang tersusun atas material kaca yang membuatnya cukup berat. Berebeda dengan panel surya cetak yang bobotnya lebih ringan. “Jika saya memiliki 1000 m² panel silikon, beratnya akan sama dengan 3 ekor gajah Afrika. Sedangkan panel surya cetak seluas 1000 m², beratnya hanya 100 kilogram” kata Vaughan.

Panel lembar ini juga memakan ongkos produksi yang ekonomis. Setelah menerapkan beberapa pemodelan ekonomi secara ekstensif, tim riset menyimpulkan panel cetak ini dapat diproduksi dengan biaya kurang dari 10 USD untuk tiap meter persegi.

Panel Surya murah untuk dengan potensi besar

Berdasarkan data yang dikumpulkan tim riset sejauh ini, dapat diperkirakan satu buah printer kecil di universitas dapat mencetak ratusan meter panel surya ini per harinya. Atau dengan bahasa Profesor Dastoor “artinya kita akan mampu menciptakan energi listrik dengan printer, untuk ribuan hunian sekalipun. Sangat menakjubkan.”

Anda bisa membeli panel surya cetak ini kurang lebih tiga tahun mendatang. Dan, mereka tidak hanya akan mempromosikannya untuk dipasang di atas atap saja. “Panel ini tidak sensitif terhadap intensitas cahaya,” ungkap Dastoor.

“Semua bagian atap akan menghasilkan listrik; bahkan dinding, jendela, kendaraan, tenda, struktur ringan, atap yang tidak mampu menopang panel surya silikon konvensional dapat menerapkan modul panel ini.”

Dastoor menambahkan ,“Kami pikir (panel surya cetak) ini akan menjadi perubahan besar dalam tata cara kita berpikir untuk menghasilkan energi dari sumber daya energi matahari.

Apa komentar anda?

3 + twenty =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...