Solar

Paket Listrik Tenaga Surya Untuk Sekolah

Listrik memiliki peran penting dalam kehidupan manusia modern sekarang. Karena dengan ketersediaan listrik, manusia dapat menyalakan lampu penerangan, mengakses informasi dari internet dengan komputer, termasuk mendukung pelayanan publik, termasuk sekolah.

Sekolah merupakan salah satu fasilitas umum yang menjadi pusat aktivitas pelayanan publik untuk pendidikan. Namun, menurut data dari Kemendikbud (2015) masih ada lebih dari 17.000 ribu sekolah belum teraliri listrik. Dan puluhan ribu lainnya belum mendapatkan akses yang layak, karena masih sering mengalami gangguan listrik.

Oleh karena itu, diperlukan solusi sumber listrik alternatif untuk menanggapi masalah ini. Salah satunya dengan penggunaan paket listrik tenaga surya untuk sekolah.

Peran penting listrik tenaga surya untuk sekolah

Memanfaatkan sinar matahari dengan teknologi fotovoltaik untuk menghasilkan listrik dapat dilakukan untuk menjawab kendala akses listrik di sekolah. Karena:

> Indonesia memiliki potensi energi matahari yang cukup tinggi

Berdasarkan data dari Dewan Energi Nasional, potensi energi matahari di Indonesia mencapai rata-rata 4,8 kilowatt hour (kwh) per meter persegi per hari, setara 112.000 GWp jika dibandingkan dengan potensi luasan lahan di Indonesia atau sepuluh kali lipat dari potensi Jerman dan Eropa.

Atau dengan kata lain, panel surya dapat memproduksi listrik selama 3 hingga 5 jam per hari di Indonesia, sepanjang tahun.

Sistem listrik surya dapat ditempatkan dimanapun

Dengan karakter wilayah Indonesia yang memiliki banyak pulau dan wilayah yang sulit diakses, sistem listrik surya dapat dipasang dimanapun Ia dibutuhkan.

Mulai dari pedalaman hutan, di dataran tinggi, wilayah garis pantai hingga kepulauan, semua wilayah tersebut dapat dengan mudah menggunakan listrik surya tanpa terkendala.

Hal ini dikarenakan sifat sistem listrik surya yang modular dan dapat bekerja mandiri tanpa banyak membutuhkan pengawasan.

Kendala utama hanya pada saat pengiriman set komponen barang, yang membutuhkan moda dan biaya yang tidak sedikit. Namun sudah banyak pengalaman baik mengenai pemasangan listrik surya di daerah yang sulit diakses.

Panel surya tidak membutuhkan lahan yang luas

Jika rata-rata sekolah menggunakan kWh meter 1300 VA, maka sekolah cukup menyediakan minimal 6 m² (1 meter x 6 meter ) untuk meletakkan panel surya. Bahkan panel surya dapat memanfaatkan atap bangunan.

 Sistem listrik surya minim perawatan

Hampir seluruh kompnen listrik surya merupakan komponen tidak bergerak, sehingga sistem ini hampir tidak membutuhkan perawatan.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah panel surya tidak terkena bayangan dan pemakaian baterai (jika menggunakan) tidak berlebihan.

 Sistem listrik surya ramah terhadap seluruh jenis perangkat beban

Jenis perangkat beban apapun yang digunakan, seperti televisi, pompa air, hingga alat pabrik, dapat menggunakan listrik dari panel surya.

Hanya saja perlu diingat, bahwa setiap beban punya karakter berbeda, dan oleh karena itu desain dan rekayasa sistem listrik surya yang digunakan juga harus berbeda. Menyesuaikan ke masing-masing kebutuhan beban.

Menghitung kebutuhan beban listrik tenaga surya

Dalam pemanfaatan listrik tenaga surya untuk sekolah, satu hal yang paling penting adalah mengetahui berapa total energi yang digunakan selama satu hari.

Berikut adalah contoh simulasi pemakaian listrik di sekolah, menurut jenis peralatan yang mungkin digunakan.

Keterangan Daya (Watt) Waktu Pakai (jam) Jumlah Unit (pcs) Total (Wh)
Lampu Penerangan 5 Watt 12 jam 20 pcs 1.200 Wh
Laptop 100 Watt 8 jam 2 pcs 1.600 Wh
Kipas Angin 50 Watt 8 Jam 1 pcs    400 Wh
Pompa Air 350 Watt 2 Jam 1 pcs    700 Wh
TOTAL ENERGI 3.900 Wh

Dari simulasi diatas, didapat bahwa total kebutuhan beban adalah 3.900 Wh. Nilai ini dapat berubah sesuai kebutuhan masing-masing sekolah.

Jika di rata-rata penyinaran matahari adalah 4 jam, maka cara paling mudah untuk menghitung kebutuhan panel surya adalah dengan membagi nilai 3.900 Wh dengan 4 jam, sehingga didapat 975 watt.

Angka 975 watt dapat diasumsikan sebagai minimal kapasitas panel surya yang dapat digunakan, jikapun besar kapasitas panel surya melebihi dari angka tersebut akan lebih baik.

Jika kita menggunakan panel surya 250 Wp, maka kita akan membutuhkan 4 unit panel 250 Wp (atau total 1.000 Wp), untuk memenuhi kebutuhan 3.900 Wh.

Baca Selanjutnya: Bagaimana memilih panel surya yang tepat?

Memilih tipe listrik surya yang tepat

Dengan informasi kapasitas panel surya yang dapat digunakan adalah sebesar 1.000 Wp, maka Ada beberapa tipe listrik surya yang dapat sekolah manfaatkan, yaitu:

 Sistem listrik surya grid tie / on grid

Tipe ini cocok digunakan untuk lokasi sekolah di wilayah yang memiliki akses listrik baik, yaitu dapat diakses selama dibutuhkan atau hingga 24 jam.

Sistem ini dapat difungsikan untuk melakukan efisiensi konsumsi listrik dan memberikan pemahaman kepada siswa mengani sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

Sistem ini membutuhkan investasi paling kecil dibanding yang lainnya. Untuk kebutuhan kapasitas kWh meter 1300 VA, membutuhkan biaya mulai dari Rp. 15.000.000,- untuk setiap set sistem.

 Sistem listrik surya Grid Interactive/hybrid

Tipe ini cocok untuk lokasi sekolah di wilayah yang memiliki akses listrik cukup baik atau buruk, yaitu listrik seringkali padam saat proses belajar mengajar dilakukan.

Sistem ini dapat difungsikan untuk melakukan efisiensi konsumsi listrik dan cadangan daya ketika listrik utama padam.

Sistem ini membutuhkan baterai, namun dapat disesuikan dengan kebutuhan. Untuk penggunaan pada kapasitas kWh meter 1300 VA, membutuhkan biaya mulai dari Rp. 25.000.000,-

 Sistem listrik surya off grid

Tipe ini cocok untuk lokasi sekolah di wilayah yang memiliki akses listrik buruk atau tidak ada, sehingga dapat berfungsi sebagai sumber listrik utama.

Sistem ini merupakan sistem dengan investasi terbesar. Untuk kapasitas kWh meter 1300 VA yaitu mulai dari Rp. 50.000.000,- per 6 hingga 8 jam. Nilai investasi dapat berubah sesuai dengan jam menyala yang  diinginkan.

Jadi apa kebutuhan listrik tenaga surya untuk sekolah Anda?

Jika Anda menemukan kesulitan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi “Memilih tipe listrik surya yang tepat!” atau membuka diskusi di “Aplikasi konsultasi” janaloka.com. Gratis!

*Sumber foto: Darmono/radarmalang.id

Apa komentar anda?

seven − two =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...