Goods Solar

Off-Grid Residential Solar Power Systems

Off-Grid Residential Solar Power Systems adalah salah satu solusi sistem solar panel yang disediakan oleh Schneider Electric. Solusi ini, secara khusus, Scheneider menyebut untuk dapat digunakan oleh rumah-rumah di daerah terpencil.

Fokus Schneider pada solusi tenaga surya, memang dirasakan cukup besar pada beberapa tahun terakhir ini. Terutama dengan dikeluarkannya tipe XW, bekerjasama dengan Xantrex, untuk mendukung penggunaan tenaga matahari secara lebih luas.

Baca Juga : Produk Inverter terbaru dari Schneider

Solusi Off-Grid Residential Solar Power Systems, pada lama webnya Schneider menjelaskan, dapat digunakan untuk:

  1. Mendapatkan kemandirian energi dari akses listrik tenaga matahari.
  2. Mengurangi penggunaan diesel generator untuk rumah, terutama jika memiliki akses yang sulit untuk bahan bakar dan biaya yang cukup mahal.
  3. Mengurangi ketergantungan listrik dari sistem grid.
  4. Memanfaatkan ruang atap atau halaman rumah secara efisien untuk menghasilkan sumber energi listrik alternatif.

Untuk aplikasi pada rumah, Schneider memiliki dua tipe sistem yang dapat digunakan, yaitu AC Coupling dan DC Coupling. Perbedaan dari dua tipe ini ada pada penggunaan produk inverter. Inverter pada AC Coupling menggunakan tipe DC – AC dan AC – DC, sedangkan inverter pada DC Coupling Menggunakan tipe DC – DC dan DC – AC.

Solar Power Systems AC Coupling

Pada sistem ini, Inverter yang digunakan adalah tipe Conext RL dan tipe Conext XW + atau Conext SW. Tipe Conext RL memiliki tipe variasi produk dengan output 3 KVA, 4 KVA dan 5 KVA. Sedangkan untuk Inverter Conext XW+ atau Conext SW memiliki variasi dari 2,5 Kw hingga 8 Kw (Continous Power).

Solar Power Systems
AC Coupling

Solar Power Systems DC Coupling

Sedangkan pada sistem DC Coupling, charging dari solar PV ke baterai menggunakan controller MPPT dan inverter tipe Conext XW + atau Conext SW untuk injeksi daya ke pengguna. Pada sistem ini, daya DC yang dihasilkan oleh solar PV akan langsung disimpan di baterai, sehingga daya yang digunakan oleh pengguna bergantung sepenuhnya pada kapasitas baterai.

Solar Power Systems
DC Coupling

 

Aplikasi Off-Grid Residential Solar Power Systems

Aplikasi OFF Grid diperlukan untuk menjaga suplai listrik yang tidak berhenti selama 24 jam di sisi pengguna. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan baterai sebagai cadangan daya. Aplikasi off grid memang bisa dibilang tidak murah, karena investasi komponen yang dua kali lipat, karena harga solar PV dan baterai adalah yang paling mahal. bandingkan jika hanya menggunakan PV saja.

Namun, OFF GRID memang dapat menjadi pilihan untuk dapat sepenuhnya mandiri. Perkembangan teknologi solar PV dan baterai kedepannya, diharapkan mampu memberikan solusi penggunaan yang lebih mudah dan murah. Oleh karena itu, siapkah anda memasang Aplikasi Off-Grid Residential Solar Power Systems di vila atau rumah perisahatan anda?

Apa komentar anda?

four × two =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia