Nissan Mulai Merambah Pasar Penyimpanan Energi Surya
Goods

Nissan Mulai Merambah Pasar Penyimpanan Energi Surya

Nissan Mulai Merambah Pasar Penyimpanan Energi Surya – Menghubungkan energi terbarukan ke mobil listrik merupakan suatu hal yang penting jika mengharapkan mobilitas listrik yang terus berkelanjutan. Meskipun produk baru tersebut secara spesifik ditujukan untuk produksi listrik rumahan dan tidak ditujukan untuk pencatu daya kendaraan listrik. Mengkombinasikan produk surya rumahan Nissan dengan produk penyimpanan energi dengan perangkat EV dapat menghasilkan energi tanpa emisi untuk kebutuhan listrik rumah dan kendaraan listrik.

Penduduk Iggris yang menginginkan energi surya untuk penyimpanan energi surya di perumahan kini akan segera mendapatkan penawaran alternatif dari produk terbaru Nissan.

Pada awal bulan Januari 2018 ini, sudah diberitakan sebuah kerjasama di Jepang, dimana pemilik baru Nissan Leaf bisa mendapatkan sebuah sistem panel surya untuk rumah secara gratis. Pada pekan sebelumnya, perusahan pembuat mobil tersebut mengumumkan produk terbarunya, yang mengkombinasikan pembangkit listrik tenaga surya dan penyimpan energi rumahan yang akan diluncurkan di Britania Raya.

Menurut keterangan dari perusahaan, Solusi energi surya rumahan, yang disebut Nissan Energy Solar, menggabungkan “panel surya kelas dunia untuk hunian” dengan “kecerdasan” sistem penyimpan energi (xStorageHome), bersamaan dengan sistem manajemen energi rumah yang memungkinkan pemilik untuk mengontrol bagaimana dan kapan mereka ingin menggunakan energi listrik mereka.

“Sistem tersebut mengurangi biaya energi dan jejak karbon untuk para pemilik rumah secara signifikan, dengan mengotomatisasi aliran energi, menggabungkan puncak produksi energi surya dan kapasitas penyimpanan dengan terencana.” -Nissan Energy Solar.

Pembangkit tenaga surya rumahan merupakan salah satu solusi untuk mengurangi jejak karbon, namun grid panel surya tanpa penyimpan energi tidak dapat menjadi solusi akhir, karena daya panel surya yang tidak terpakai akan memberikan dampak kurang signifikan bagi pemilik rumah dengan panel surya atau tidak.

Namun, dengan menambahkan sistem penyimpan energi yang dapat berfungsi sebagai mikro-grid ketika terjadi kegagalan grid-PLN dalam menghasilkan daya dapat menjadi sebuah langkah yang tepat. Karena sistem penyimpanan baterai, juga berfungsi sebagai penyimpan energi listrik yang dihasilkan panel surya dan dapat digunakan untuk mencatu daya kendaraan listrik ketika matahari sudah terbenam.

Menurut informasi dari Nissan, sistem tersebut akan dihargai mulai USD 5427. Meskipun informasinya masih belum lengkap, tampaknya harga tersebut untuk panel surya dan sistem manajemen energi saja. Namun mengingat Nissan sedang membuat kendaran listrik baru dengan fitur V2H (vehicle to home), EV itu dapat berfungsi sebagai penyimpan energi rumah. Nissan mengklaim warga Britania Raya dapat menghemat tagihan energi mereka sebanyak 66% dengan memasang sistem Nissan Energy Solar.

Sumber: Treehugger.com

Apa komentar anda?

13 − six =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...