Ada banyak keuntungan menggunakan energi matahari, dan itulah sebabnya banyak negara telah memutuskan untuk menggunakan lebih banyak energi panel surya daripada mengandalkan energi fosil, yang segera habis. Tidak hanya karena energi surya jauh lebih murah, namun juga karena energi surya tidak berbahaya bagi lingkungan, karena tidak menghasilkan polusi. Dibawah ini beberapa Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia:

Jerman adalah pengguna terbesar pertama di Dunia

Jerman adalah negara terbesar yang menggunakan energi surya. Negara ini sudah melakukan instalasi lebih dari 40 MW hingga 2015, dan terus berencana menambah kapasitas energi surya mereka hingga mampu mensuplai 80% kebutuhan listrik negara Jerman pada 2050.

Lokasi terbesar yang memasang sistem panel surya terdapat di Meuro, Neuhardenberg dan Templin, dengan kapasitas kurang lebih 100 MW. Kondisi ini tidak terlepas dari subsidi pemerintah untuk pemasangan sistem solar panel melalui feed in tarif.

Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia
Sumber: wikipedia[.]com

Spanyol dan Energi surya

Meskipun Spanyol belum memiliki konsumsi energi surya sebesar Jerman, namun Spanyol telah membuktikan kepeduliannya terhadap penggunaan energi surya yang terus berkembang selama beberapa tahun. Spanyol pernah memimpin penggunaan energi surya di dunia, namun disusul jerman pada 2009. Hal ini dikarenakan sistem perekonomian yang memburuk, sehingga mengurangi permintaan di dalam negeri.

Sekitar 10 persen konsumsi listrik Spanyol berasal dari tenaga surya, yang lima kali lebih banyak daripada rata-rata penggunaan energi listrik dari surya di seluruh dunia.

Pertumbuhan penggunaan energi surya di Italia

Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia lainnya adalah Italia, dengan 9% konsumsi energi negara berasal dari tenaga surya. Italia mengalami pertumbuhan energi surya yang cukup pesat. Setiap dua bulan, ada banyak panel surya terpasang, dibanding yang dilakukan Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Pertumbuhan penggunaan energi surya di Italia cukup signifikan, namun turun beberapa tahun terakhir akibat perekonomian dunia yang sedikit memburuk.

Energi surya di negara matahari terbit, Jepang

Selama tahun 2009, Jepang menginvestasikan $ 9 miliar pada upaya untuk mendorong energi surya dalam negeri. Pada tahun yang sama, perdana menteri mengumumkan bahwa 32.000 sekolah-sekolah umum di Jepang akan melihat instalasi tenaga surya.

Hingga Maret 2011, dengan berkaca pada bencana tenaga nuklir dan gempa bumi di Jepang, negara matahari terbit ini telah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya dengan cepat. Lebih dari 990 megawatt telah dipasang dari tahun sebelumnya.

Surya Bersinar di Amerika Serikat

Dengan biaya listrik yang meningkat, Amerika menunjukkan minat lebih dalam energi surya. Jumlah Pembangkit terpasang terus meningkat setiap tahun. California adalah negara bagian dengan aplikasi energi surya yang palingtinggi, sebesar kurang lebih 60% dari semua instalasi surya di Amerika.

Permasalahan yang muncul sekarang adalah pihak pemerintah mulai memotong subsidi untuk pembangkit listrik tenaga surya. Namun dengan semakin tingginya minat pengguna, kondisi ini mungkin bukan jadi masalah.

Indonesia dan penggunaan energi surya

Indonesia mungkin belum termasuk Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia, namun potensi energi surya yang sedemikian besar di Indonesia dapat menjadi pendorong penggunaan energi terbarukan sebagai solusi kebutuhan energi.

Pemerintah bersama masyarakat dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi ini untuk meningkatkan rasio eletrifikasi hingga 100% di seluruh pelosok Indonesia. Karena sifatnya yang modular dan praktis, menjadikan teknologi ini mudah untuk diaplikasikan.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/12/800px-Photovoltaik_Zugspitze.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/12/800px-Photovoltaik_Zugspitze-300x200.jpgJanalokaApplicationaplikasi,Asitektural,community,design,development,Financing,Indonesia,inovation,janaloka.com,kota,Listrik desa,Pemerintah,PLTS,renewable energy,solar system,technologyAda banyak keuntungan menggunakan energi matahari, dan itulah sebabnya banyak negara telah memutuskan untuk menggunakan lebih banyak energi panel surya daripada mengandalkan energi fosil, yang segera habis. Tidak hanya karena energi surya jauh lebih murah, namun juga karena energi surya tidak berbahaya bagi lingkungan, karena tidak menghasilkan polusi. Dibawah ini...The #1 Solar Energy Crowd