Mungkinkah Energi Surya Menggantikan Sumber Energi Nuklir
Energy Report

Mungkinkah Energi Surya Menggantikan Sumber Energi Nuklir

Kapasitas panel surya diprediksi telah jauh melampaui kapasitas energi nuklir di seluruh dunia, dalam beberapa bulan ke depan, menurut prediksi ahli.

Total kapasitas tenaga nuklir saat ini sekitar ± 391 gigawatt, tetapi kapasitas total panel surya dunia diperkirakan akan mencapai ± 580 gigawatt pada akhir tahun ini.

Meskipun ini adalah hal yang baik bagi energi terbarukan, akan tetapi nuklir masih menghasilkan lebih banyak listrik daripada matahari, hampir 2,5 juta GWh per tahun dibandingkan dengan panel surya yang dapat menghasilkan hingga lebih dari 1 GWh.

Namun diharapkan pada tahun 2022, kapasitas global panel surya kemungkinan akan mencapai 871 gigawatt (dalam skenario negatif atau 1.270 GW dalam skenario postitif). Pada saat itu, kapasitas pembangkit surya dapat lebih dari dua kali lipat kapasitas nuklir hari ini. Sehingga mampu menghasilkan energi minimal ± 1,5 juta GWh dan maksimal hingga lebih dari 2,3 juta GWh per tahun.


Energi surya menggantikan sumber energi nuklir

Sementara matahari menyumbang sekitar 1,8 persen dari pembangkit listrik global saat ini, the International Energy Agency, telah memperkirakan ini dapat meningkat hingga 16 persen pada tahun 2050 di bawah “skenario pertumbuhan tinggi”, yang akan menjadikannya sumber energi terbesar di dunia. .

Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat pertumbuhan penggunaan panel surya dan pengurangan biaya pembelian panel surya jauh melebihi proyeksi. Sementara itu, industri nuklir global akan tetap menghadapi permasalahan yang sama, mulai dari biaya instalasi tinggi, konstruksi lambat, resiko operasional yang tinggi dan munculnya kompetisi energi terbarukan yang lebih kompetitif.

Kondisi energi nuklir tersebut, dapat menyebabkan industri nuklir global akan kesulitan memenuhi kebutuhan global seperti sumber energi alternatif lainnya.

Mengutip independent.co.uk: “Matahari dapat memberikan energi yang cukup ke Bumi dalam satu jam, untuk menyediakan semua yang dibutuhkan manusia selama satu tahun penuh.”

Lalu, apakah bisa energi surya menggantikan sumber energi nuklir di masa depan?

Apa komentar anda?

4 × three =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...