Ketika melakukan pemasangan panel surya atap pada skala rumah tangga, maka salah satu hal yang menjadi perhatian adalah model pembiayaan. Apa sajakah model pembiayaan panel surya atap di Indonesia?

Untuk penggunaan skala rumah tangga, beberapa model pembiayaan yang dapat digunakan adalah:

Pembelian tunai langsung

Model pembiayaan ini paling lumrah digunakan. Pemilik rumah yang ingin memasang sistem panel surya dapat membeli langsung komponen di pasaran atau menghubungi perusahaan penyedia barang dan jasa sistem panel surya.

Setelah pemilik rumah mengetahui kebutuhan sistem yang akan ia pasang, maka pembeli tinggal melakukan pembelian secara tunai seluruh komponen produk yang akan ia gunakan.

Pembelian ini dapat termasuk barang, pengiriman, pemasangan, perizinan dan perawatan, jika pemilik rumah dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan penyedia barang dan jasa sistem panel surya pada atap.

Pembelian dengan kredit

Beberapa perusahaan penyedia barang dan jasa sistem panel surya atap telah menyediakan sistem pembiayaan melalui pembelian dengan kredit. Sehingga pengguna hanya menyediakan minimal 30% dari seluruh kebutuhan dana pemasangan.

Proses yang dilakukan adalah pemilik rumah dan perusahaan penyedia terlebih dahulu melakukan survei dan menghitung kebutuhan sistem panel surya. Setelah dilakukan persetujuan jumlah kapasitas yang akan dipasang, maka perusahaan penyedia akan memulai pekerjaan hingga selesai.

Pemilik rumah tinggal menunggu pekerjaan selesai dan mulai memanfaatkan energi surya tersebut. Tips untuk pemilik rumah: perhatikan kontrak persetujuan dan biarkan perusahaan penyedia melakukan perawatan gratis untuk anda selama 1 tahun kedepan, sebagai bagian dari garansi yang mereka tawarkan.

Sebagaimana pembelian dengan kredit, model pembiayaan ini memiliki bunga pinjaman yang harus dibayarkan oleh pemilik rumah selain nilai pinjaman itu sendiri. Nilainya masih cukup bervariasi, dan dapat dikonsultasikan langsung ke pihak perusahaan penyedia.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address
KreditTunai
Uang Muka30% dari nilai pembelian100% dari nilai pembelian
Bayaran BulananBayaran Bulanan tetap dengan bunga disesuaikanBayaran Bulanan tidak ada
GaransiGaransi Sistem & ProdukGaransi Produk
Lama Pembayaran1 hingga 2 tahunpembayaran di muka

Pembiayaan panel surya atap di Indonesia

Panel surya atap masih terbilang baru untuk Indonesia, namun perkembangannya dalam 1 tahun terakhir sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari besarnya pertumbuhan populasi panel surya atap di kota-kota besar.

Kedepannya, tidak menutup kemungkinan model feed in tarif, dimana PLN akan diminta untuk membeli kelebihan produksi daya panel surya atap dalam skala rumah tangga, ataupun PPA, dimana perusahaan penyedia akan memasangkan panel surya atap secara gratis kepada anda dan sekalian akan membeli listrik tersebut, dapat terwujud.

jadi, ada rencana untuk mulai memasang?

Pembiayaan panel surya atap di Indonesia

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/12/solar-panel-houses-940x627.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/12/solar-panel-houses-300x200.jpgJanalokaFinanceaplikasi,Asitektural,business,community,development,Financing,Indonesia,janaloka.com,solar system,technologyKetika melakukan pemasangan panel surya atap pada skala rumah tangga, maka salah satu hal yang menjadi perhatian adalah model pembiayaan. Apa sajakah model pembiayaan panel surya atap di Indonesia?Untuk penggunaan skala rumah tangga, beberapa model pembiayaan yang dapat digunakan adalah: Pembelian tunai langsung Model pembiayaan ini paling lumrah digunakan. Pemilik rumah...The #1 Solar Energy Crowd