Energy Initiatives

Mitos atau Fakta Tentang Listrik Surya yang Wajib Kamu Tahu

Energi surya adalah salah satu alternatif energi bersih yang banyak digunakan sekarang ini. Dari penggunaan tersebut, masih banyak mitos atau fakta tentang listrik surya yang perlu kita pahami bersama.

Mitos atau Fakta tentang listrik surya #1 : Energi surya tidak dapat bekerja pada malam hari

Faktanya adalah bahwa energi surya hanya dapat di ubah menjadi listrik hanya pada saat siang hari. Hal ini dikarenakan matahari hanya bersinar pada siang hari. Juga ada standar nilai minimal, baik tegangan dan arus, yang menyebabkan sistem panel surya dapat bekerja secara baik.

Namun pada malam hari, standar nilai minimal ini tidak tercapai. Sehingga sistem panel surya tidak dapat menghasilkan daya. Namun, sistem panel surya tetap dapat bekerja dengan baik pada malam hari, karena bantuan teknologi penyimpanan daya, yaitu baterai.

Mitos atau Fakta tentang listrik surya #2 : Listrik dari energi surya tidak dapat dihasilkan pada saat mendung

Faktanya adalah panel surya tetap dapat menghasilkan daya listrik pada saat mendung selama standar nilai minimal yang dibutuhkan tercapai. Jenis dan spesifikasi pilihan panel surya juga mempengaruhi hal ini. Tanyakan kepada penyedia produk panel surya anda, untuk pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan lokasi anda.

Mitos atau Fakta tentang listrik surya #3 : Teknologi energi surya itu mahal

Faktanya teknologi panel surya telah berkembang dengan sangat cepat. Grafik harga pada 3 tahun terakhir ini menunjukkan penurunan hingga 60%. Sehingga biaya pemasangan sistem panel surya, sudah jauh lebih murah dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Bahkan di Dubai, pada 2015, harga listrik surya lebih murah jika dibandingkan dengan harga listrik batubara. Sehingga energi surya sudah dapat disejajarkan dengan pembangkit konvensional lainnya (plus listrik surya tidak menghasilkan polusi saat produksinya).

Mitos atau Fakta tentang listrik surya #4: Panel surya bekerja maksimal di daerah tropis

Faktanya adalah panel surya dapat bekerja dengan baik di seluruh permukaan bumi. Namun kondisi iklim, temperatur, morfologi dan lainnya dari lokasi pemasangan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat produksi listrik yang dihasilkan.

Potensi radiasi matahari terbesar di bumi adalah 8,0 kWh/m², sedangkan Indonesia memiliki tingkat radiasi matahari kurang lebih 3,5 – 6,0 kWh/m². Sehingga, dapat dikatakan potensi energi surya di Indonesia cukup besar.

Untuk temperatur, panel surya dapat bekerja ideal pada temperatur 25°C. Jika di Indonesia suhu rata-rata di luar ruangan mencapai 35°C – 37°C, maka kinerja panel surya akan sedikit lebih rendah.

Namun hal ini tidak akan menjadi masalah, jika temperatur udara di sekitar panel surya dapat dijaga tetap berada dalam kondisi ideal. Salah satu solusinya adalah dengan membuat bagian belakang panel surya bebas dari halangan, sehingga angin dapat mengalir sempurna untuk membuang hawa panas.

Mitos atau Fakta tentang listrik surya #5 : Teknologi energi surya itu bebas perawatan

faktanya teknologi energi surya tidak membutuhkan perawatan rutin, seperti perawatan pada dinamo pembangkit listrik tenaga air atau angin. Hal ini dikarenakan teknologi energi surya tidak memiliki komponen bergerak, sehingga alat yang digunakan tidak menjadi aus.

Namun, perlu dilakukan pengecekan tiap 3 bulan atau 6 bulan sekali, untuk memastikan tidak ada bayangan yang menutupi panel surya, semua komponen sistem bekerja maksimal, tidak ada kabel yang putus atau terkelupas, dan tidak ada penggunaan yang melebihi kapasitas yang disediakan. Perawatan dibutuhkan untuk memastikan tidak ada faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja sistem.

Jadi, kamu sudah tahu mitos atau fakta seputar listrik surya. Tertarik untuk mulai menggunakan?

1 Komentar

  1. Attractive section of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital to assert that I get actually enjoyed account your blog posts.
    Any way I will be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently rapidly.

    Balas

Apa komentar anda?

five × 1 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia