Energy

Menghitung Sistem Panel Surya Murah

Tidak selamanya pembangkit listrik tenaga surya itu mahal, ada cara untuk menghitung sistem panel surya murah untuk keperluan rumah tangga. Perhitungan ini didapat dari menghitung jumlah total beban penggunaan per hari. Yang perlu menjadi catatan adalah sistem ini hanya untuk mendukung perlatan listrik tertentu saja, dan bukan untuk penggunaan utama.

Pilih beban kecil untuk peruntukan maksimal

Untuk mendapatkan sistem panel surya murah, perhatikan pilihan beban yang anda gunakan. Kapasitas sistem panel surya bergantung pada total lama penggunaan dikali jumlah unit dan dikali daya beban. Semakin kecil daya beban yang anda gunakan, maka semakin lama waktu yang bisa dipakai.

sistem panel surya murah
Sumber : www.sagoodnews[.]co.za
Contohnya adalah untuk penggunaan satu lampu LED 3 watt di teras, yang setara dengan lampu CFL 8 – 11 watt, selama 10 jam. Maka anda akan mendapatkan total daya 30 watt atau setara 10 Wp panel surya. Dengan asumsi penyinaran matahari di daerah Jakarta 3 jam (30 watt dibagi 3 jam).

Bandingkan jika anda menggunakan sistem panel surya untuk AC atau kulkas di rumah. Daya perangkat elektronik tersebut pun tidak kurang dari 500 W. Jika AC anda gunakan 10 jam sehari, maka total kebutuhan sistem panel surya di Jakarta adalah sebesar ± 1.600 Wp.

Dengan harga rata-rata investasi sistem solar panel termahal, dengan baterai, sebesar ± Rp. 150.000,-. Maka perbandingan investasi sistem terpasang diatas adalah LED 3 watt sebesar 1,5 juta rupiah berbanding AC sebesar 240 juta rupiah.

Lihat juga: Kalkulator surya untuk investasi off grid

Pergunakan sistem mandiri dengan baterai

Sistem panel surya mandiri dengan baterai akan membuat harga sistem lebih efisien. Hal ini dikarenakan anda :

  1. Tidak perlu merubah sistem instalasi listrik terpasang di rumah. Cukup menggunakan sistem yang bekerja terpisah antara sistem solar panel dan listrik PLN.
  2. Tidak perlu melapor ke penyedia layanan listrik setempat, karena sistem solar panel yang anda pasang tidak terhubung langsung dengan jaringan dan tidak akan memberikan dampak distorsi terhadap jaringan terpasang.
  3. Penggunaan baterai dapat membantu otomatisasi fungsi sistem solar panel. Sehingga anda tidak perlu menyalakan dan mematikan perangkat secara manual.
  4. peamsangan sistem lebih mudah, karena kapasitas daya yang kecil akan menggunakan komponen sistem panel surya yang tidak begitu banyak dan rumit.

Sistem panel surya murah dan fungsional

Penggunaan sistem panel surya murah dan fungsional akan memberikan nilai lebih terhadap pilihan gaya hidup anda. Penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan, secara nyata menjadikan anda melakukan kontribusi secara langsung terhadap pengurangan emisi karbon dan menanggulangi pemanasan global.

Sistem panel surya yang fungsional akan membantu meringankan anda dalam mengoptimalkan penggunaan listrik, baik dari sisi aplikasi ataupun biaya. Memang secara investasi, sistem panel surya cukup mahal. Namun jika dibandingkan dengan lamanya waktu penggunaan hingga puluhan tahun, inflasi harga dan dampak sosial lingkungan secara luas, sistem solar panel akan jauh lebih murah jika dibandingkan penggunaan listrik PLN.

Apa komentar anda?

nineteen − 12 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia