Energy

Menghitung Kebutuhan PLTS Secara Online

Menghitung kebutuhan PLTS secara online dapat memudahkan kita, sebagai pengguna, dalam memilih dan mengaplikasikan sistem dan komponen PLTS di Rumah. Perhitungan ini sebenarnya mudah, yang perlu diingat adalah berapa banyak beban yang digunakan total sehari dan berapa besar produksi daya PLTS.

Baca juga: Menghitung mandiri sistem PLTS

Namun ada juga cara menghitung kebutuhan PLTS secara online. Beberapa alternatif yang ditawarkan, yaitu:

Aplikasi online dari penyedia barang

Untuk tipe aplikasi ini, penyedia barang dari merek tertentu membantu pengguna mereka dalam menghitung kebutuhan sistem solar panel secara mudah. Beberapa contoh diantaranya adalah:

Aplikasi SMA – Sunny Design

Aplikasi ini disediakan oleh merek inverter SMA. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mengakses link web di www.sunnydesignweb.com. Pengguna dapat mendaftar dan mensimulasikan kebutuhan mereka secara langsung. Setelah itu, SMA akan memberikan rekomendasi komponen produk yang sesuai dengan sistem PLTS yang dibutuhkan. Aplikasi ini dapat digunakan di Indonesia.

Aplikasi Panasonic – Solar Calculator

Aplikasi ini digunakan dengan memilih lokasi tempat pemasangan yang akan dilakukan. Perhitungan kapasitas dapat ditentukan berdasarkan luas lahan yang tersedia atau kebutuhan kapasitas kWp yang ada. Setelah itu, dengan mengikuti petunjuk yang diberikan, aplikasi dapat secara otomatis menyediakan sistem ideal yang dapat digunakan. Aplikasi ini dapat digunakan di Indonesia.

Menghitung Kebutuhan PLTS Secara Online

Aplikasi Valentine – PV*Sol

Aplikasi ini disediakan oleh Valentine Software, perusahaan penyedia aplikasi perhitungan sistem solar panel PV*Sol. Selain menyediakan software premium, mereka juga menyediakan aplikasi Freeware di Photovoltaic system. Aplikasi ini khusus Grid Tie dan dapat diakses di Indonesia.

Aplikasi online dari lembaga independen

Selain dari penyedia barang, aplikasi untuk menghitung kebutuhan PLTS secara online juga disediakan oleh lembaga-lembaga yang berkompeten di bidang Photovoltaic System, seperti NREL. NREL adalah salah satu depertemen di Pemerintah Amerika. Aplikasi yang mereka tawarkan bernama PV – Watt. Namun aplikasi ini hanya bisa diakses di Amerika Serikat.

Aplikasi lain yang bisa dilihat adalah Solar Panel calculator dari EEP (electrical Engineering Portal). Aplikasi ini akan membantu menghitung besaran kapasitas yang dihasilkan, besaran Voltase dan Ampere, menghitung luasan panel surya yang akan terpasang dan efisiensi sistem. Aplikasi ini terbilang sederhana, namun dapat membantu menghitung secara cepat.

Aplikasi Online kalkulator PV

Aplikasi terakhir ini adalah aplikasi yang disediakan oleh janaloka.com. Aplikasi ini masih dalam proses pengembangan. Hingga sekarang, ada empat jenis layanan aplikasi yang disediakan, yaitu:

Menghitung Kebutuhan PLTS Secara Online

Aplikasi perhitungan sistem PLTS berdasarkan kapasitas yang digunakan per bulan

Aplikasi ini dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan PLTS secara online berdasarkan kapasitas yang digunakan oleh pengguna setiap bulannya. Misalkan pengguna menggunakan kapasitas PLN 361 kWh perbulan, maka nilai kapasitas inilah yang dimasukkan dalam aplikasi kalkulator. Kemudian secara otomatis, aplikasi akan menunjukkan jumlah kapasitas yang dibutuhkan.

Aplikasi perhitungan sistem PLTS berdasarkan pembayaran listrik per bulan

Sama dengan aplikasi diatas, namun dasar perhitungan adalah besaran nilai rupiah pembayaran listrik perbulan. Aplikasi akan secara otomotis memberikan jumlah kapasitas PLTS yang dibutuhkan, segera setelah pengguna memasukkan nilai pembayaran listrik PLN.

Aplikasi perhitungan sistem PLTS berdasarkan beban produk per hari

Aplikasi ini digunakan dengan memasukkan jenis, kapasitas, unit dan waktu penggunaan dari beban. Setelah masing-masing beban dihitung, maka aplikasi secara otomatis menghitung jumlah kapasitas PLTS yang dibutuhkan.

Aplikasi perhitungan investasi sistem PLTS dan ROI

Aplikasi ini berfungsi untuk menghitung besaran nilai investasi dan ROI yang disediakan dari sistem PLTS yang ditawarkan. Dasar perhitungan adalah nilai rupiah pembayaran listrik PLN per bulan dan jenis kWh meter yang digunakan oleh pengguna. Setelah info tersebut dilengkapi, aplikasi akan secara otomatis menghitung berapa kapasitas PLTS yang ditawarkan, nilai investasi dan ROI.

Apa komentar anda?

seven − 6 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia