Initiatives

Menetapkan Harga Minimal Impor Solar PV Dari Tiongkok?

Menetapkan Harga Minimal Impor Solar PV Dari Tiongkok – Komisi Uni Eropa bertujuan untuk memperkenalkan sebuah prosedur baru dalam menentukan harga minimal impor solar panel dari Tiongkok, setelah negara-negara anggota mendiskusikan proposal tersebut. Masih belum bisa dipastikan, apakah harga minimal impor solar panel akan diturunkan pada awal September atau akan dikurangi sebesar €0.02/watt pada bulan Oktober.

Negara-Negara Anggota Uni Eropa memperdebatkan, pada pertemuan yang digelar pada hari Kamis, mengenai proposal dari Komisi Uni Eropa untuk memperkenalkan prosedur baru untuk menetapkan harga minimal impor untuk solar panel dari Tiongkok.

Dalam sistem baru tersebut, yang pada awalnya diajukan pada bulan Juli oleh Komite Uni Eropa, Uni Eropa tidak akan lagi menggunakan indeks Bloomberg untuk menentukan harga minimal di masa depan, tetapi harga minimal impor untuk solar cell dan solar panel akan dikurangi secara bertahap berdasarkan level harga di indeks PVInsight Taiwan pada September 2018.

Menetapkan Harga Minimal Impor Solar PV Dari Tiongkok?

Proposal ini telah didukung hanya oleh satu negara anggota, sedangkan 13 negara menolak dan 14 abstain, berdasarkan laporan Solar Power Europe. Oleh karena itu, Uni Eropa sekarang berhak untuk menerapkan proposal dengan bentuk yang ada atau mengubahnya sebelum publikasi final.

Akan tetapi, untuk menemukan solusi terbaik untuk seluruh pihak yang berkepentingan, masih sulit. Jurang pemisah berada pada industri solar panel. Di satu sisi, Solarpower Europe, menuntut berakhirnya tindakan anti-dumping, dan di sisi lain Prosun Uni Eropa, atas nama manufaktur solar panel menuntut perlindungan yang efektif untuk industri domestik.

Ketidaksamaan juga terjadi antara kedua sisi tersebut pada harga minimal impor baru untuk solar panel ataupun solar cell. Sebuah dokumen dari Komite Uni Eropa, yang diakses oleh pv magazine, menunjukkan bahwa penyesuaian selanjutnya untuk harga minimal impor dijadwalkan pada tanggal 1 Oktober.

 

Christian Westermeier, Presiden Solar Power Europe, mengatakan pada Jumat: “Direktorat Jeneral Perdagangan merasakan tekanan dan mengurangi harga minimal impor hanya beberapa hari sebelum pengambilan suara.”

Ia setuju dengan Prosun Uni Eropa bahwa tidak seorang pun di industri solar panel percaya bahwa peraturan yang diajukan adalah solusi yang baik. Pengurangan harga minimal impor yang direncanakan akan menetapkan harga solar panel sekitar 30% lebih tinggi dari harga pasar sekarang. Asosiasi tersebut menambahkan bahwa mereka belum mengetahui tanggal pasti peraturan baru tersebut diterapkan, tetapi kemungkinan akan diterapkan pada bulan Oktober.

Sumber: www.pv-magazine.com

Apa komentar anda?

sixteen − eleven =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia