Mempanel-suryakan jalanan Perancis Dengan Wattway
Application

Mempanel-suryakan jalanan Perancis Dengan Wattway

Ségolène Royal, Menteri ekologi dan energi Perancis, mengatakan bahwa pemerintah Perancis bermaksud untuk membuka 1.000 km jalan dengan panel fotovoltaik dalam lima tahun ke depan yang dapat memasok listrik bagi jutaan orang.

“Efek maksimum program ini , jika berhasil, adalah mampu untuk memberikan 5 juta orang akses listrik, atau sekitar 8% dari penduduk Perancis”

Menteri mengatakan dalam konferensi otoritas transportasi pekan lalu bahwa tender untuk inisiatif “Energi Positif” sudah diterbitkan dan tes pada panel akan dimulai pada musim semi.

Mempanel-suryakan jalanan Perancis Dengan Wattway

Mempanel-suryakan jalanan Perancis Dengan Wattway

Menurut Badan Perancis Lingkungan dan Manajemen Energi, 4 m jalan yang ibangun dengan panel surya cukup untuk memasok kebutuhan listrik satu rumah tangga, selain penggunaan untuk pemanas, dan satu kilometer akan dapat mengaliri listrik untuk 5.000 jiwa.

Jadi efek maksimum dari program, jika berhasil, bisa untuk memberikan 5 juta orang dengan listrik, atau sekitar 8% dari penduduk Perancis.

Mempanel-suryakan jalanan Perancis akan melibatkan pemasangan strip panel surya setebal 7mm ke permukaan jalur lalu lintas. Dasar teknologi untuk ini telah dikembangkan oleh Colas and Bouygues Construction, yang mereka sebut dengan wattway. Pembukaan jalan ini akan memakan waktu lima tahun dan telah diluncurkan pada bulan Oktober 2015 lalu.

wattway, adalah perusahaan bagian Colas, dan juga merupakan inovasi panel surya yang telah dipatenkan di Perancis. Sel Wattway akan mengumpulkan energi surya dengan menggunakan film tipis polikristalin silikon. Sel ini akan dipasang bersamaan dengan material jalan.

Panel surya wattway memiliki ketahanan yang sangat kuat, sehingga kendaraan barang berat pun dapat melewatinya dan dengan menawarkan kemanan dan kenyamanan pengendara dalam berkendara.

Inisiatif bersama dengan inovasi “jalan surya”

Ms. Royal telah mengusulkan untuk membayar perbaikan infrastruktur transportasi Perancis dengan menaikkan pajak pada bensin, yang katanya adalah “alami” mengingat biaya jatuh minyak. Dia memperkirakan bahwa pajak dari bensin ini bisa berkontribusi antara 200 dan 300 juta euro ($ 220-440m) untuk biaya perbaikan infrastruktur seperti jalan wattway.

Sejumlah negara maju juga banyak telah melakukan inovasi untuk penyediaan energi dari jalan. Tahun lalu konsorsium Belanda membangun 100m-bentangan pembangkit listrik jalan di kota Belanda Krommenie. Sedangkan di Amerika Serikat, pasangan suami dan istri sedang mengejar ide solar road dengan melakukan kampanye lewat crowdfunding, dan berakhir sukses.

Apa komentar anda?

2 + seven =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia