Energy

Memilih Peralatan Rumah Tangga Untuk Listrik Surya

Memilih peralatan rumah tangga untuk listrik surya itu gampang. Secara umum, semua peralatan rumah tangga dapat digunakan dengan listrik dari tenaga surya. Namun, apakah semuanya cocok?

Jika berbicara listrik tenaga surya, yang pertama kali harus diingat adalah besar kapasitas produksi daya yang dapat dihasilkan oleh pembangkit listrik surya itu sendiri.

Hal ini penting, karena tidak seperti listrik PLN yang akan tersuplai secara terus menerus ke rumah. Listrik tenaga surya memiliki batasan tersendiri, terutama karena matahari tidak bersinar terus menerus selama 24 jam.

Listrik PLN vs Listrik tenaga surya

Listrik PLN, untuk beberapa kota besar, dapat tersedia 24 jam karena listrik tersebut disuplai oleh pembangkit yang selama 24 jam pula melakukan produksi listrik.

Berbeda dengan listrik tenaga surya, matahari di Indonesia hanya memiliki batasan waktu produksi dengan variasi 3,5 hingga 5 jam perhari. Untuk beberapa kota, seperti Jakarta, yang bisa mengakses listrik PLN 24 jam, listrik tenaga surya hanya mampu berproduksi 3,5 jam perhari.

Sehingga total konsumsi daya perhari akan berbeda antara listrik PLN dengan listrik surya. Konsumsi daya PLN dapat digunakan berapapun sepanjang hari, sedang konsumsi listrik surya bergantung total jumlah daya yang diproduksi panel surya per harinya.

Kita ambil contoh, untuk rumah dengan listrik PLN, pengguna dapat menghidupkan TV, AC, dispenser kulkas ataupun lampu penerangan selama 24 jam secara terus menerus (selama penggunaan beban puncak tidak melampaui kapasitas kWh meter terpasang).

Sedangkan untuk listrik surya, jika terpasang 1 kWp sistem panel surya, maka total daya yang dapat digunakan pada hari itu adalah maksimal 5 kWp (1 kWp dikali maksimal 5 jam penyinaran matahari). Sehingga pengguna harus menghitung jumlah total penggunaan harian mereka, dengan menjumlah semua watt beban alat yang digunakan dikali jumlah unit dikali waktu penggunaan.

Memilih Peralatan Rumah Tangga Untuk Listrik Surya

Memilih Peralatan Rumah Tangga Untuk Listrik Surya

Lalu bagaimana menyiasati penggunaan peralatan rumah tangga untuk digunakan dengan listrik surya? Cara paling mudah untuk memilih peralatan rumah tangga untuk listrik surya adalah dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Mengetahui berapa besar konsumsi daya yang digunakan. Cek besar daya setiap peralatan yang anda inginkan, lalu catat dan simpan informasi tersebut!
  2. Putuskan berapa banyak unit yang anda butuhkan untuk digunakan dalam rutinitas harian anda. Bijaklah dalam memilih jumlah unit peralatan rumah tangga yang akan anda gunakan tersebut!
  3. Pastikan waktu penggunaan peralatan tersebut. Buat simulasi lama waktu penggunaan dengan membuat jadwal waktu.

Setelah anda melakukan hal tersebut diatas, maka lakukan pengkalian dari konsumsi daya dikali jumlah unit dikali waktu penggunaan. Total hasil perhitungan satu unit alat dapat anda jumlahkan dengan total perhitungan alat lainnya. Dan lakukan semua penjumlahan tersebut pada semua unit peralatan yang akan anda gunakan.

Hasil perhitungan tersebut merupakan kebutuhan peralatan yang anda harus aliri listrik dengan listrik tenaga surya.

Semakin besar kebutuhan anda, maka akan semakin besar kapasitas sistem panel surya yang akan anda gunakan. Besaran kapasitas sistem panel surya akan berbanding lurus dengan besaran investasi biaya pemasangan.

Oleh karena itu anda harus bijaksana untuk memilih mana peralatan yang dapat disuplai dengan listrik surya dan mana yang dapat digunakan dengan listrik PLN.

Peralatan rumah tangga yang cocok dengan listrik surya

Semua peralatan rumah tangga dapat menggunakan listrik tenaga surya, namun tidak semuanya cocok menggunakan sistem panel surya.

Peralatan rumah tangga dengan besaran daya yang cukup kecil, dibawah antara 3 – 50 watt, masih mungkin untuk digunakan dalam jumlah yang cukup besar dengan waktu penggunaan yang cukup lama. Peralatan ini seperti lampu, catu daya telepon genggam, ataupun cctv.

Peralatan rumah tangga dengan daya menengah, 50 – 250 watt, dapat digunakan satu unit dengan waktu guna kurang dari 12 jam. Hal ini untuk memaksimalkan produksi daya sistem panel surya. Peralatan ini seperti televisi, pompa air, laptop, dispenser, kulkas dan lain sebagainya.

Namun, untuk peralatan dengan daya besar, > 250 watt, pengguna disarankan untuk menggunakan listrik PLN. Walaupun untuk lokasi-lokasi tertentu yang sulit dan belum ada akses PLN, sistem tenaga surya dapat menjadi pilihan.

Jadi, peralatan rumah tangga mana yang ingin anda gunakan dengan listrik surya?

Apa komentar anda?

two × five =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia