Energy

Memasang Sistem Solar Panel Untuk Rumah Tangga

Sangat mudah untuk memasang sistem solar panel untuk rumah tangga, karena sistem ini dapat dengan mudah beradaptasi dengan sistem PLN tanpa harus merubah kWh meter. Sistem solar panel untuk rumah tangga yang dapat dipilih adalah sistem hybrid.

Sistem Hybrid Dalam Memasang Sistem Solar Panel Untuk Rumah Tangga

Sistem hybrid yang digunakan memiliki komponen berupa:

  1. Panel surya, sesuai dengan kebutuhan kapasitas.
  2. Sistem Kontrol Panel (Solar Charge Controller), untuk mengatur fungsi charge ke baterai.
  3. Baterai, sebagai tempat penyimpanan daya.
  4. Inverter, untuk merubah daya DC ke AC dan mengatur fungsi input listrik dari PLN dan output ke beban rumah.
  5. Aksesoris pendukung, seperti penyangga panel, kabel, sistem kontrol dan lain sebagainya.

Komponen tersebut akan diinstal sedemikian rupa sehingga dapat menyuplai daya listrik ke rumah. Penggunaan daya listrik tersebut akan diatur oleh inverter, sehingga secara otomatis daya akan digunakan dari baterai ataupun dari PLN, secara bergantian.

Sistem hybrid ini, disarankan digunakan di daerah perkotaan yang sudah terhubung dengan PLN dan membutuhkan dukungan daya jika PLN padam.

Pemasangan sistem hybrid solar panel ini pun terbilang mudah. Panel akan ditempatkan dengan penyangga pada atap anda, kemudian akan dikoneksikan dengan kabel ke sistem kontrol panel untuk charging baterai. Listrik dari kWh meter PLN bersamaan dengan listrik dari baterai, dikoneksikan ke inveter dan sistem kontrol inveter, untuk dapat diatur penggunaannya oleh rumah tangga.

Memasang Sistem Solar Panel Untuk Rumah Tangga

Setelah sistem terpasang, pengguna bisa menggunakan seluruh alat listriknya secara normal, seperti penggunaan rutinitas harian biasanya. Efisiensi dan penggunaan listrik, semua sudah secara otomatis diatur oleh sistem. Sistem hybrid ini, disarankan digunakan di daerah perkotaan yang sudah terhubung dengan PLN danmembutuhkan dukungan daya jika PLN padam.

Keuntungan Lebih Memasang Sistem Solar Panel Untuk Rumah Tangga

Keuntungan utama memasang sistem solar panel untuk rumah tangga adalah untuk menjalankan pola hidup “bersih” dari penggunaan energi fosil, yang menghasilkan polusi dan merusak lingkungan bumi. Karena energi fosil masih menjadi sumber utama untuk penyediaan kebutuhan listrik di Indonesia, padahal energi fosil dalam pengolahan dan penggunaannya tetap menghasilkankan polusi.

Keuntungan lainnya adalah memanfaatkan lahan dan sumber daya matahari yang selama ini penggunaannya tidak optimal, untuk dapat digunakan menyuplai kebutuhan energi listrik di rumah tangga. Sehingga rumah tangga bisa mendapatkan “efisiensi” pembiayaan listrik yang lebih baik.

Selain itu, memasang sistem solar panel untuk rumah tangga dapat menjawab kebutuhan masyarakat di saat listrik PLN padam. Dengan bantuan bank daya, listrik dari sistem solar panel dapat dimanfaatkan untuk menyala pada saat-saat listrik mati. Sehingga aktivitas masyarakat tetap berjalan normal, tanpa ketergantungan dengan PLN.

Memasang Sistem Solar Panel Untuk Rumah Tangga
Sumber : www.pv-magazine[.]com

Apa komentar anda?

nine − seven =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia