Application

Memasang Panel Surya dan PLN di Rumah Bersamaan

Aplikasi panel surya memang sedang menjadi trend penggunaan sekarang ini. Disamping karena sumber daya matahari yang tidak akan pernah habis, juga karena telah banyak orang yang memahami hidup “bersih”. Sistem panel surya tidak menghasilkan polusi selama penggunaan dan material panel ataupun baterai dapat di daur ulang kembali.

Memasang Panel Surya dan PLN di Rumah Bersamaan telah menjadi pilihan. Sistem kerja antara panel surya dan PLN dapat terkoneksi berkat semakin canggihnya teknologi saat ini. Di pasaran, banyak produk berkualitas yang dapat menawarkan solusi ini.

Memasang Panel Surya dan PLN di Rumah Bersamaan

Cara memasang Panel Surya dan PLN di Rumah Bersamaan

Untuk dapat memasang Panel Surya dan PLN di Rumah Bersamaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Kapasitas daya yang ingin dipasang.
  2. Ketersediaan lahan, dan
  3. Perencanaan sistem panel surya yang matang.

Baca juga : 10 hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang panel surya.

Setelah ketiga hal diatas telah dipersiapkan, maka selanjutnya adalah proses pemasangan. Disarankan, anda menghubungi ahlinya untuk proses pemasangan untuk hasil yang lebih maksimal. Namun secara garis besar, pemasangan panel surya dimulai dari persiapan penyangga panel dan instalasi pemasangan panel surya.

Kemudian, setiap susunan panel surya akan dikoneksikan secara seri dan pararel untuk mendapatkan spesifikasi daya keluaran yang sesuai dengan standar penggunaan inverter. Selanjutnya anda hanya perlu memastikan proteksi, untuk mencegah short circuit, over charge, petir dan lain sebagainya.

Setelah yakin sistem terpasang, anda dapat mengkoneksikan dengan instalasi rumah tangga dan PLN. Hubungi tenaga ahli yang kompeten untuk melakukan koneksi ini. Setelah itu, sistem sudah dapat anda gunakan secara normal.

Sebagai tambahan, untuk cadangan daya saat listrik padam. Anda dapat menggunakan baterai. Pilihan baterai untuk sistem panel surya ini pun beragam, dari baterai lead acid hingga lithium. Lama penggunaan baterai pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 1 jam/hari atau bahkan 24 jam/hari.

Penggunaan mudah dari sistem panel surya

Aplikasi sistem panel surya tidak memiliki komponen bergerak, seperti diesel atau mikro hydro, sehingga perawatan yang dilakukan sangat minim. Mengecek panel surya bebas dari bayangan, mengecek sistem koneksi dan proteksi yang terpasang dan, jika menggunakan baterai, mengecek siklus pemakaian baterai adalah beberapa perawatan yang dilakukan.

Proses perawatan tersebut, dapat dilakukan 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Sedangkan untuk melihat produksi daya, efisiensi sistem dan kapasitas penggunaan, dapat menggunakan aplikasi pengawasan seperti solar log. Kondisi ini sangat membantu dan memudahkan rumah tangga dalam mengecek kerja sistem mereka.

Jadi siap untuk #goingsolar?

Apa komentar anda?

one + sixteen =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia