Energy

Memahami Tier 1 di Industri Panel Surya Indonesia

Dalam industri panel surya, ada sebuah tingkatan produsen yang digunakan untuk mengetahui “kualitas” sebuah perusahaan penyedia panel surya. Artikel ini akan mengajak anda memahami Tier 1 di industri panel surya Indonesia.

Apa itu Tier 1 di industri panel surya?

Tier 1 adalah sebuah peringkat yang digunakan untuk menunjukkan level sebuah perusahaan produsen panel surya. Bloomberg menjelaskan yang dimaksud tier 1 adalah perusahaan produsen panel surya yang dapat menyediakan produk dengan merek sendiri dan telah memproduksi panel surya tersebut untuk kebutuhan 6 proyek berbeda, yang dibiayai oleh 6 Bank mapan dalam jangka waktu 2 tahun.

Definisi tier 1 oleh Bloomberg ini, juga telah banyak mengalami perkembangan. Terdapat perbedaan dalam penentuan peringkat ini setiap tahunnya. Secara umum, ada 5 perusahaan yang bertahan masuk dalam 10 besar Tier 1 industri panel surya pada 2 tahun belakangan ini.

Anda dapat mengakses data tersebut melalui Bloomberg New Energy Finance’s Solar Insight dari Bloomberg New Energy Finance PV Market Outlook.

Data yang akan ditampilkan berikut, sepenuhnya merupakan hasil riset dari beberapa sumber di Internet. Janaloka tidak bertanggung jawab terhadap kredibilitas data dan kepastian isinya. Pembaca diminta untuk dapat bijaksana dalam menganalisa.

5 Produsen Tier 1 industri panel surya 2015-2016

1. Trina Solar

2. Hanwha Q-cells

3. JA Solar

4. Jinko

5. Canadian Solar

 

Apakah Industri Panel Surya Indonesia masuk dalam Tier 1?

Tentu hal ini menjadi pertanyaan bersama, karena Indonesia telah memiliki beberapa produsen panel surya. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan Asosiasi Pabrikan Modul Surya Indonesia (APAMSI). Sudah berada dimanakah produsen-produsen tersebut?

Tapi sebelum membahas produsen industri panel surya Indonesia, kita patut mengetahui piramida peringkat Tier 1 di Industri panel surya. Dalam konteks global, hanya ada 2% perusahaan di dunia yang berada di peringkat Tier 1, 8% di peringkat Tier 2 dan 90% di peringkat Tier 3.

Tier 1 di Industri panel surya
Peringkat industri panel surya

Di Indonesia, untuk dapat dikatakan produsen. Maka ada beberapa syarat yang harus dimiliki, beberapa diantaranya adalah surat ijin usaha industri (IUI) dan surat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Ada banyak syarat lainnya, namun dua syarat utama ini dapat menjadi filter awal untuk menentukan produsen panel surya di Indonesia.

Beberapa perusahaan industri panel surya di Indonesia, yaitu :

  1. PT. LEN Industri ( PERSERO)
  2. PT. Wika Intrade Energi
  3. PT. Surya Utama Putra
  4. PT Sky Energi
  5. PT. Swadaya Prima Utama
  6. PT. Adyawinsa Electrical & Power
  7. PT. Azet Surya Lestari
  8. JEMBO Energindo
  9. PT. Sky Indonesia
  10. PT. SANKEINDO

Dari analisa yang dilakukan janaloka, keseluruhan perusahaan tersebut masih sebatas melakukan industri perakitan tanpa memproduksi sendiri sel surya. Jalur produksi yang dilakukan masih manual dan rata-rata sudah melakukan perakitan selama 2 tahun.

Sehingga bisa disimpulkan industri panel surya yang dilakukan di Indonesia, masih berada di peringkat Tier 3. Jika melihat hal ini, maka Indonesia masih membutuhkan 5 sampai 10 tahun untuk berkembang dan berada pada Tier 1 industri panel surya global.

Apa komentar anda?

15 − 4 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia