SOC Baterai Dalam Sistem Panel Surya didefinisikan sebagai rasio dari total kapasitas energi yang dapat digunakan oleh sebuah baterai dengan kapasitas baterai seluruhnya. SOC menggambarkan energi yang tersedia, dan dituliskan dalam persentase, dari besarnya arus listrik yang tersisa setelah dipakai.

Kapasitas nominal energi dari sebuah baterai tidak dapat dikeluarkan secara total, dengan SOC baterai ini kita
dapat menentukan total energi yang dapat digunakan dari sebuah baterai.

Memahami SOC Baterai Dalam Sistem Panel Surya

Memahami SOC Baterai Dalam Sistem Panel Surya

Misalkan, baterai dengan 80% SOC pada baterai berkapasitas 500 Ah, maka energi yang dapat digunakan dari baterai tersebut sebesar 400 Ah. Temperatur dan nilai discharge dapat mengurangi kapasitas efektif dari baterai tersebut.

Jika dituliskan dengan persamaan maka SOC Baterai adalah perbandingan antara Ah baterai max dikurangi dengan Ah (Ampere Hour) masuk + Ah keluar dibanding dengan Ah Maksimal dikali dengan 100 %. Seperti yang ditunjukan pada Persamaan berikut ini:

Memahami SOC Baterai Dalam Sistem Panel Surya

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Cara mengukur State Of Charge (SOC) dari sebuah baterai dapat dilakukan 3 cara yaitu :

  1. Pengukuran secara langsung, dapat dilakukan jika baterai dapat dicharger pada nilai yang konstan;
  2. SOC dari pengukuran Specific Grafity (SG), cara ini bergantung pada perubahan pengukuran dari berat bahan kimia aktif;
  3. Perkiraan SOC berdasarkan tegangan, dilakukan dengan mengukur tegangan cell baterai sebagai dasar untuk penghitungan SOC atau sisa kapasitas.

Kebalikan dari SOC adalah DOD, nilai yang menunjukkan besarnya arus listrik yang telah digunakan, dihitung dalam persen.

SOC dalam sistem panel surya

Estimasi jumlah arus atau state-of-charge SOC dalam sebuah sistem panel surya pada lead acid baterai adalah suatu hal yang penting dalam mengukur kesuksesan sistem keseluruhan. Karena, estimasi ini dapat menunjukkan kepada pengguna mengenai kapan waktu ideal pengisian baterai sebelum kehabisan arus atau out-of-charge.

Cara konvensional dalam penentuan SOC baterai adalah melalui look up table atau grafik, dengan melakukan pengukuran Open Circuite Voltage (OCV) dari baterai dengan menggunakan voltmeter lalu membandingkan dengan tabel tersebut untuk memperkirakan SOC baterai tersebut. Namun kelemahan cara seperti ini adalah tidak dapat digunakan untuk menetukan SOC baterai secara waktu nyata.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/08/SOC-janaloka.pnghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/08/SOC-janaloka-300x219.pngNinda PutriStoragebaterai,business,cara kerja PLTS,design,energi matahari,energi surya,feed in tarif,Indonesia,inovation,perhitungan,PLTS,produk,renewable energy,Surya,technologySOC Baterai Dalam Sistem Panel Surya didefinisikan sebagai rasio dari total kapasitas energi yang dapat digunakan oleh sebuah baterai dengan kapasitas baterai seluruhnya. SOC menggambarkan energi yang tersedia, dan dituliskan dalam persentase, dari besarnya arus listrik yang tersisa setelah dipakai. Kapasitas nominal energi dari sebuah baterai tidak dapat dikeluarkan secara total, dengan SOC baterai...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: