Jobs Solar

Lowongan Kerja di Bidang Energi Surya

Energi baru terbarukan, khususnya energi surya, telah menjadi salah satu lini bisnis primadona saat ini. Cleantechnica mencatat nilai pasar energi surya pada 2016 berkisar kurang lebih 39,71 miliar Dolar. Bersamaan dengan hal tersebut, maka akan banyak terbuka lowongan kerja di bidang energi surya. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang mungkin dapat dilakukan.

Kunjungi Juga: Cari Lowongan Kerja Bidang Energi Surya Hari Ini!

Teknisi Instalasi Sistem Energi Surya

Dengan banyaknya pembangkit yang akan dibangun, akibat permintaan yang tumbuh dan berkembang. Maka akan banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan dan instalasi sistem ini.

Instalasi sistem energi surya memang terlihat mudah, namun komponen produk yang ada di dalamnya cukup sensitif dan perlu dilakukan oleh tenaga kerja ahli. Komponen panel surya harus dapat terkoneksi secara baik satu sama lainnya. Instalasi yang buruk dapat menyebabkan penurunan kualitas produksi daya yang dihasilkan.

Selain dibutuhkan teknisi saat pemasangan, perawatan sistem juga membutuhkan teknisi yang handal. Pengecekan koneksi sistem, pemahaman mengenai karakter produk dan kemampuan menyelesaikan masalah adalah beberapa kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh teknisi.

lowongan kerja di bidang energi surya

Lowongan kerja di bidang energi surya sebagai desainer

Desainer yang dimaksud disini adalah sistem integrator yang berfungsi untuk melakukan perencanaan dan desain sistem energi surya agar dapat berjalan secara maksimal.

Perencanaan yang matang harus dilakukan di awal pemasangan. Hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir kesalahan dalam pemasangan dan untuk memaksimalkan fungsi produk agar dapat menghasilkan daya listrik yang diharapkan.

Peran sistem integrator cukup penting untuk memastikan produk yang digunakan berkualitas dan pengguna mendapatkan manfaat menyeluruh dari sistem energi surya.

Operator alat produksi di pabrik panel surya

Indonesia telah memiliki kurang lebih 10 pabrikan yang dapat memproduksi sistem panel surya. Rata-rata pabrik ini dapat memproduksi lebih dari puluhan Mega Watt panel surya setiap tahunnya. Jika saja setiap pabrik tersebut mampu memaksimalkan produksi mereka setiap tahunnya, maka ada ratusan ribu tenaga kerja yang dapat diserap.

Keahlian dalam menggunakan alat kerja dan ketelitian diperlukan oleh tenaga kerja pada bidang ini. Karena kualitas produk yang dihasilkan, bergantung dari kemampuan tenaga-tenaga kerja ini. Terutama jika produsen panel surya Indonesia tersebut memiliki target ekspor.

5 Komentar

Apa komentar anda?

5 × 3 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...