Application Energy

Listrik Untuk Desa dengan Tenaga Surya

Akses listrik untuk desa di Indonesia, cukup rendah. Hal ini dapat dilihat dari 74.094 desa di Indonesia, ada ada sekitar 15.000 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik (07/07). Padahal energi listrik merupakan salah satu infrastruktur utama untuk meningkatkan akses informasi, pendidikan dan ekonomi.

Listrik Untuk Desa dengan Tenaga Surya

Indonesia memiliki sumber daya energi terbarukan yang berlimpah, seperti energi matahari, energi angin, energi air, energi gelombang laut, dan lain sebagainya. Sumber-sumber ini terdapat di lingkungan desa dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat desa. Oleh karena itu, pengembangan listrik untuk desa dengan energi terbarukan, merupakan solusi untuk menjawab akses listrik untuk desa yang cukup rendah.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah tenaga surya. Berada di garis khatulistiwa, dengan tingkat penyinaran matahari sepanjang tahun, maka akses penggunaan energi listrik dapat dilakukan secara optimal.

Energi surya, relatif lebih mudah diaplikasikan jika dibandingkan dengan energi terbarukan lainnya. Dengan hanya menggunakan panel surya 2,5 Wp, yang memiliki dimensi kurang dari 0,1 m² dan berat kurang dari 5 kg, masyarakat desa sudah mampu menyalakan sebuah lampu penerangan. Sistem ini pun dapat dibawa dengan mudah kemanapun.

Untuk kapasitas yang lebih besar, panel surya dapat diaplikasikan sesuai dengan kondisi lingkungan desa. Modul panel surya dapat diletakkan di atas atap rumah, di pekarangan sebagai bale-bale, terpasang menyatu dengan lahan pertanian atau lahan kebun, terpasang di balai desa atau masjid, dan lain sebagainya.

Panel surya dapat diaplikasikan sesuai dengan kondisi lingkungan desa.

Dan bahkan, panel surya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan desa, mulai dari kebutuhan untuk penerangan rumah, listrik untuk internet sekolah, listrik untuk akses informasi di balai desa, listrik untuk irigasi, listrik untuk penerangan jalan, listrik untuk mushola, listrik untuk menangkap ikan, listrik untuk menangkap hama, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

listrik untuk desa

Cara mengetahui kebutuhan listrik untuk desa

Setiap desa memiliki karakter dan kebutuhan yang mungkin berlainan satu sama lainnya. Namun semua kebutuhan tersebut dapat hanya dipenuhi oleh pembangkit listrik dari tenaga surya. Berikut adalah cara untuk mengetahui kebutuhan listrik untuk desa:

  1. Tentukan kebutuhan peruntukan listrik, misalkan apakah listrik untuk perorangan, komunitas atau desa secara keseluruhan? Apakah listrik hanya untuk penerangan atau diperuntukkan untuk alat lain, seperti komputer, pompa air, dan lain sebagainya?
  2. Tentukan besaran total kapasitas yang digunakan. Misalkan penerangan rumah memerlukan lampu 3 unit LED 3 watt yang digunakan 12 jam malam hari, sehingga total kapasitas adalah 108 watt/hari. Atau pompa air untuk irigasi dengan daya 300 watt digunakan 4 jam setiap hari, sehingga total kapasitas perhari adalah 1200 watt/hari.
  3. Selalu ingat bahwa penyinaran matahari di Indonesia adalah 4 jam. Beberapa daerah kota besar, memiliki penyinaran hanya 3 jam, dan beberapa daerah yang dekat dengan garis khatulistiwa memiliki waktu penyinaran hingga 5 jam. Namun 4 jam penyinaran, dapat menjadi standar acuan.
  4. Untuk memperoleh hitungan kapasitas sementara sistem panel surya terpasang, cukup bagi total kapasitas dengan 4 jam penyinaran. Misalnya untuk penerangan 108 watt/hari, jika dibagi 4 maka didapat angka 27. Maka angka 27 tersebut dapat diartikan sebagai 27 Wp kapasitas panel surya.
  5. Tentukan lokasi pemasangan. Jika sistem panel surya terpasang di atap, maka biayanya akan cenderung lebih tinggi dibanding hanya diletakkan di atas tanah. Kapasitas panel surya yang lebih besar membutuhkan lahan yang lebih luas, dan lain sebagainya.

5 poin diatas adalah penting diketahui untuk menghitung kebutuhan listrik untuk desa. Gunakan informasi diatas untuk berkomunikasi dengan penyedia produk sistem panel surya.

Atau anda bisa menggunakan kalkulator PV online kami, untuk menghitung cepat kebutuhan anda.
+ Lihat disini

Apa komentar anda?

17 − 3 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia