Startup

Lima Ide Startup Energi Surya

startup energi surya

Perkembangan penggunaan solar panel sistem yang semakin luas sekarang ini, mendorong munculnya inovasi-inovasi terbaru terkait penggunaan energi matahari. Berikut adalah lima ide startup energi surya dari SunShot Incubator Program.

Gridmates

Gridmates adalah platform cloud pertama untuk berbagi energi. Gridmates adalah startup energi surya yang membuat sebuah platform energi transaktif yang memberdayakan pengguna listrik untuk berbagi unit energi (kWh) dengan teman-teman dan anggota keluarga, juga dengan orang-orang dan organisasi yang membutuhkan. Hanya dengan mengklik tombol dari ponsel pintar atau PC.

Gridmates menawarkan sebuah ekosistem unik untuk menghilangkan kemiskinan energi dengan menghubungkan utilitas, perusahaan, non profit dan pelanggan utilitas. Dalam ekosistem ini, individu dan perusahaan memiliki kemampuan untuk mengirim unit energi kepada pengguna lain yang tidak memiliki cukup akses energi. Khususnya pengguna sistem solar panel dapat berbagi surplus listrik yang diproduksi dengan mereka yang membutuhkan.

PVComplete

Solusi yang ditawarkan PVComplete adalah untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu perusahaan produk dan jasa instalasi tenaga surya dalam mendesain sebuah sistem secara lebih mudah. Perangkat lunak PVComplete memungkinkan individu atau sebuah perusahaan yang tidak memiliki keterampilan software desain, dalam menyusun sebuah proposal penawaran.

Aplikasi berbasis web ini akan menganalisis data yang didapat dari Google Earth / Bing / Pictometry atau NASA 3D untuk memperkirakan produksi daya yang akan dihasilkan. Data tersebut, dapat berupa gambar ukuran atap, kemiringan dan azimut yang secara otomatis akan digunakan sebagai bahan analisa.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat dengan cepat menghasilkan usulan awal desain sistem solar panel dengan jumlah modul yang akan muat di atap dan memperkirakan kWh keluaran berdasarkan data cuaca lokal. Jika pengguna memiliki akses ke penggunaan dan tarif, aplikasi ini juga dapt membantu mengkalkulasi pembiayaan dan insentif yang mungkin diterima.

Dengan simulasi otomatis di tangan yang disediakan oleh salah satu startup energi surya ini, pemilik bangunan bisa membuat keputusan aplikasi proyek surya dengan lebih cepat.

Savenia Solar Ratings

Savenia adalah startup energi surya yang menciptakan sebuah sistem online untuk mengukur “nilai” dari sebuah sistem energi surya. Nilai yang dimaksud adalah rating kredit yang dapat dilihat dari sebuah sistem solar panel. Dengan adanya rating kredit ini, pemilik rumah ataupun perusahaan penyedia solar panel sistem dapat memiliki simulasi value dan proyeksi value dari sistem yang mereka miliki.

Pemilik rumah bisa mendapatkan info pembanding antara sebelum dan sesudah pemasangan sistem solar panel, dan juga dapat melihat perkembangan proyeksi investasi sistem solar panel. Pemilik rumah bisa memanfaatkan data-data ini untuk meningkatkan nilai bangunan mereka, baik untuk mendapatkan insentif ataupun saat hendak dijual.

Sedangkan pada perusahaan pemasang solar panel, mereka bisa mendapatkan informasi marketing yang tepat, membantu perhitungan pemasangan secara lebih cepat dan mengurangi biaya-biaya penjualan.

Solar Site Design

Solar site design adalah sebuah startup energi surya yang mengembangkan perangkat lunak untuk mengkoordinasikan proses penjualan, desain dan aspek teknik. Pada dasarnya solar site design adalah sebuah alat aplikasi untuk akuisisi klien dan palatform manajemen online yang disediakan untuk para profesional di bidang sistem solar panel.

Akuisisi klien merupakan salah satu isu terpenting dalam menjalankan sebuah perusahaan, terutama dengan kaitannya dalam penggunaan sistem solar panel. Penggunaannya cukup mudah, di satu sisi perusahaan pengguna akan memberikan akses kepada salah satu stafnya untuk memasukkan data mengenai klien dan kebutuhaanya. Data yang masuk akan dibuka oleh staf teknik di sisi lain, melalui web browser misalnya. Dari sini, sistem akan didesain dan diberikan penawaran. Kesemuanya diatur melalui satu aplikasi.

Tidak hanya sebatas itu, Solar site design juga memberikan kemudahan bagi freelance marketing untuk mendapatkan bantuan desain sistem, hanya dengan memberikan informasi data awal yang kemudian akan dianalisa oleh perusahaan penyedia produk dan jasa sistem solar panel. Solar site design akan mendapatkan pendapatan dari marketer, integerator, perusahaan penyedia produk dan jasa, juga dari perusahaan pembiayaan.

UtilityAPI

Mendapatkan konsumsi energi dan informasi penagihan dari pelanggan potensial secara manual, akan menjadi proses yang sangat rumit. Startup energi surya UtilityAPI menawarkan sistem yang lebih sederhana dan otomatis. Dengan menyediakan API, UtilityAPI akan mengumpulkan seluruh data penggunaan yang dimiliki pelanggan.

Data penggunaan tersebut yang akan digunakan oleh perusahaan penyedia produk dan jasa dalam menentukan layanan sistem dan biaya yang akan mereka tawarkan. Tidak hanya itu, UtilityAPI juga menyediakan pantauan penggunaan energi matahari, untuk memberikan informasi mengenai efisiensi biaya dari penggunaan sistem solar panel.

startup energi surya

Apa komentar anda?

1 × 5 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia