Pemenang Lelang PLTS di Indonesia
Energy Initiatives IPP Solar

Pemenang Lelang PLTS di Indonesia

Berikut adalah daftar pemenang lelang PLTS di Indonesia :

  1. PT LEN Industri untuk daerah Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan kapasitas 5 mw dan harga listrik US$ 25 cent per kWh.
  2. PT Global Karya Mandiri untuk daerah Atambua, Nusa Tenggara Timur dengan kapasitas 1 mw dan harga listrik US$ 25 cent per kWh.
  3. PT Brantas Energi-Adyawinsa KSO untuk daerah Gorontalo dengan kapasitas 2 mw dan harga listrik US$ 22,95 cent per kWh.
  4. PT Global Karya Mandiri untuk daerah Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan kapasitas 2 mw dan harga listrik US$ 25 cent per kWh.
  5. PT Berkah Surya Madani untuk daerah Lombok Utara, Nusa Tenggara Timur dengan kapasitas 2 mw dan harga listrik US$ 18,36 cent per kWh.
  6. PT Buana Multi Techindo untuk daerah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dengan kapasitas 1 mw dan harga listrik US$ 24,98 cent per kWh.
  7. PT Indo Solusi Utama untuk daerah Maumere-Rope-Ende, Nusa Tenggara Timur dengan kapasitas 2 mw dan harga listrik US$ 24,98 cent per kWh.

Lelang ini merupakan bagian dari proyek pembangunan 80 PLTS di seluruh Indonesia yang dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pembangunan PLTS ini diperkirakan memakan waktu 8-18 bulan pasca penandatanganan PPA, dengan skema kontrak selama kurang lebih 20 tahun.

lelang plts

 

Disamping itu ada empat proyek PLTS yang gagal lelang karena disebabkan ketidaklengkapan administrasi peserta lelang. Empat proyek tersebut, yaitu:

  1. Tual-Maluku dengan kapasitas 1 mw,
  2. Tanjung Selor-Kalimantan Timur dengan kapasitas 1 mw,
  3. Sintang-Kalimantan Barat dengan kapasitas 1,5 mw; dan
  4. Nanga Pinoh-Kalimantan Barat dengan kapasitas 1 mw.

4 Komentar

    1. Janaloka Author

      Halo Ibu,

      Apakah yang ibu maksud data mengenai tender PLTS IPP seperti yang ada pada artikel? Sehubungan dengan moratarium tender, dari rentang 2015-2016 belum ada tender IPP pemerintah yang dilakukan.

      Semoga di 2017 tender dapt dijalankan, sehubungan dengan telah keluarnya PERMEN ESDM tentang IPP pada 2016.

      Balas
  1. Dear Janaloka

    terima kasih atas infonya, sangat membantu
    yg saya kurang mengerti adalah kenapa PPA untuk harga jual listrik PLTS di permen esdm terbaru sangat murah, apakah IPP kita bisa bid dan profit dengan harga itu?

    regards,

    deniansha

    Balas
    1. Janaloka Author

      Dear @Deniansha,

      Pertanyaan anda merupakan salah satu kendala yang dihadapi oleh kontraktor pemenang tender saat ini. Plafon harga masih belum sebanding dengan nilai investasinya. Oleh karena itu, proyek IPP Indonesia masih belum berjalan dan cenderung jalan ditempat.

      Sekarang ini, nilai tersebut sedang diperdalam lagi oleh pemerintah. Namun, sudah banyak investor yang menunggu dan siap untuk menjalankan jika memang pemerintah serius.

      regards,
      Janaloka

      Balas

Apa komentar anda?

eighteen − 13 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia