Application D.I.Y

Lampu Garasi dengan Tenaga Matahari

Aplikasi tenaga surya sangat mudah dilakukan dan bisa digunakan untuk berbagai aplikasi, salah satunya lampu garasi dengan tenaga matahari. Aplikasi ini selain tidak membutuhkan biaya yang mahal, juga dapat dibuat sesuai dengan kondisi kebutuhan garasi.

Lampu Garasi dengan Tenaga Matahari

Tentukan kapasitas daya lampu garasi dengan tenaga matahari anda

Untuk memulai proyek DIY (Do It Yourself) ini, sebelumnya anda harus mengetahui berapa kebutuhan lampu garasi anda. Cara termudah adalah dengan mengetahui kapasitas daya yang terpasang sekarang. Misalkan garasi anda menggunakan lampu 23 watt LHE, maka anda dapat mengganti lampu tersebut dengan lampu 11 watt LED.

Jika adan menggunakan dua atau tiga lampu pada garasi anda, maka anda dapat menghitung kebutuhan masing-masing lampu dengan membuat asumsi lampu LED memiliki kebutuhan daya setengah dari lampu LHE. Jika anda ingin lebih hemat, maka anda dapat menghitung dengan menggunakan kuatan cahaya (lux) dari lampu terpasang dibanding dengan lampu LED yang akan anda gunakan.

Lalu tentukan berapa lama anda ingin lampu tersebut menyala. Apakah 12 jam sehari ataukah hanya 10 jam? semakin lama kebutuhan anda, maka akan semakin besar kapasitas panel surya yang anda butuhkan.

Hitung total kapasitas kebutuhan panel surya anda

Jika anda memutuskan untuk menggunakan lampu 11 watt LED sebanyak 1 unit selama 10 jam, maka total kebutuhan anda adalah 11o watt. Untuk mendapatkan besarakan kapasitas panel, maka anda tinggal membagi 110 watt dengan 4 jam standar waktu penyinaran di Indonesia. Hasil yang anda dapatkan adalah kurang lebih 27,5 watt. Maka anda membutuhkan kapasitas panel 27,5 watt.

Sebagai sistem kontrol anda dapat menggunakan Solar Charge Controller (SCC). Ada banyak pilihan SCC di pasaran, namun untuk tipe kecil cukup gunakan tipe PWM dengan tambahan karakter timer. Timer dapat berfungsi untuk mengotomatisasi nyala dan mati sistem.

Untuk kemampuan lampu bertahan, disarankan menggunakan baterai yang memiliki kapasitas 110 watt x 3 hari, atau setara 330 watt, atau setara 12V 30 Ah. Semakin besar kapasitas aki yang digunakan akan semakin baik.

Pasang panel surya anda di atap garasi

Langkah terakhir, anda cukup memasang panel surya anda di atap garasi atau area lain yang terkena matahari langsung. Pastikan area tersebut tidak terkena bayangan minimal dari jam 10.00 hingga 14.00. Semakin lama panel surya terkena matahari, maka semakin baik sistem yang anda pasang.

Jadi, mudah bukan memasang lampu garasi dengan tenaga matahari? Selamat mencoba!

Apa komentar anda?

16 + 15 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...