Energy

3 Komponen Penting Pendukung PLTS

Dalam instalasi Pembangkit Listrik Tenaga surya (PLTS), ada 3 komponen penting pendukung PLTS yang harus terpasang. Sistem PLTS adalah pembangkit listrik yang menggunakan teknologi photovoltaik (panel surya) untuk mengkonversi radiasi matahari menjadi energi listrik.

Teknologi PLTS, menggunakan panel surya sebagai komponen utama untuk menghasilkan listrik. Namun ada 3 komponen penting pendukung PLTS lainnya yang dibutuhkan agar PLTS dapat berfungsi secara optimal.

Komponen Penting Pendukung PLTS

Sistem Kontrol Panel PLTS

Sistem kontrol panel adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur charging dan discharging baterai. Alat ini mengatur energi yang dapat diisi ke baterai, setelah diproduksi oleh panel dan berapa besar pelepasan energi tersebut ke beban.

Alat ini memiliki beberapa nama lainnya, seperti solar charger controller (SCC), baterai charger controller (BCR) atau battery control unit (BCU).

Untuk menjaga fungsi dan proteksi produk, alat ini memiliki beberapa fitur, seperti proteksi over current, over voltage, battery type dan beberapa hal lainnya. Sehingga memastikan sistem PLTS berjalan dengan baik. Alat ini memiliki dua tipe, PWM dan MPPT.

Baca juga: Perbandingan PWM dan MPPT

Penyimpanan energi PLTS

Komponen penting pendukung PLTS ini terdiri dari baterai dan kelengkapannya. Baterai difungsikan untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya. Ada beberapa jenis tipe baterai yang digunakan dalam PLTS, seperti Lead Acid, Lithium, ataupun vanadium redox.

Tipe penggunaan baterai sangat bergantung dengan kebutuhan. Untuk kapasitas kecil lead acid mungkin lebih efisien dari sisi harga dan perawatan. Namun untuk kebutuhan dengan kapasitas yang lebih besar, vanadium redox mungkin lebih optimal digunakan.

Aksesoris sebagai komponen penting pendukung PLTS

Komponen pelengkap aksesoris, juga merupakan bagian penting dari PLTS. dalam komponen ini terdapat penyangga panel, kabel, inverter (jika diperlukan), dan beban (seperti lampu). Sistem ini akan mendukung fungsi PLTS bekerja secara keseluruhan.

Khusus untuk lampu, jenis yang digunakan adalah LED. Hal ini dibutuhkan karena LED memiliki daya yang relatif lebih kecil dari lampu flouroscent atau sodium, namun dengan tingkat keterangan yang lebih baik. Sehingga lampu LED dapat menjadi pilihan dalam penggunaan beban PLTS.

Apa komentar anda?

16 + five =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia