Kategori
Application

Kerusakan Yang Mungkin Terjadi Pada Panel Surya

Semakin banyak tantangan yang dihadapi pengguna sistem listrik surya, salah satunya adalah kerusakan yang mungkin terjadi pada panel surya!

Janaloka.com – Dengan semakin meningkatnya penggunaan panel surya sebagai sumber energi listrik alternatif. Maka semakin banyak tantangan yang dihadapi pengguna, salah satunya adalah kerusakan yang mungkin terjadi pada panel surya!

Perawatan panel surya sebenarnya tidak cukup sulit, namun perlu dilakukan secara rutin dan berkala, untuk menjaga agar panel surya tidak rusak. Akan tetapi banyak hal yang bisa terjadi selama penggunaan panel surya. Berikut adalah beberapa contoh dari kerusakan yang mungkin terjadi pada panel surya dan cara mengatasinya:

Iklan

Iklan

Pesan!

Kerusakan Panel Surya karena Retakan

Sangat memungkinkan bilamana terjadi suatu retakan pada panel surya, bahkan retakan skala miskroskopik pun mampu untuk menurunkan performa panel surya.

Kemungkinan kerusakan panel surya ini terjadi karena beberapa faktor. Selain dari faktor alam seperti cuaca, faktor lain penyebabnya dapat berasal dari panel surya itu sendiri, seperti kelebihan muatan saat produksi listrik, hingga buruknya sistem pengiriman daya pada rangkaian.

Cara mengatasinya: Jika ada panel surya yang retak dan dapat dilihat secara visual, Anda dapat melakukan pergantian. Namun jika Anda merasa retakan terjadi dalam level mikroskopik, mungkin Anda perlu menggunakan jasa tenaga ahli untuk memastikan hal tersebut.

Kerusakan Yang Disebabkan Potential Induced Degradation (PID)

Terjadinya fluktuasi atau perubahan tegangan pada panel surya, cepat atau lambat akan memberikan dampak buruk pada kelistrikan sistem listrik surya anda. Adanya tegangan yang terinduksi serta kebocoran arus tentu akan menimbulkan terjadinya penurunan tegangan output yang dihasilkan oleh panel surya.

Iklan

Cara mengatasinya: Peran serta ahli dalam menangani sangat penting agar tidak terjadi hal yang mengancam keselamatan serta lebih cepat dalam menstabilkan kembali kinerja panel surya.

Koneksi Kabel Terlepas

Kemungkinan kerusakan lain yang sering dan umum terjadi pada rangkaian panel surya adalah adanya kabel yang terlepas. Masalah ini memang jarang terjadi, namun ada beberapa faktor dimana kabel dapat terlepas, mulai dari kualitas sambungan yang kurang bagus, terpaan cuaca, hingga gangguan hama seperti semut, raya hingga tikus.

Cara mengatasinya: Pastikan Anda terus melakukan pemantauan energi listrik yang dihasilkan listrik surya Anda, baik secara on-site atau off-site. Jika Anda mendapati hal yang tidak umum, maka Anda perlu memanggil teknisi listrik surya untuk mencari sumber kerusakan dan memperbaikinya.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kendala dan masalah di sistem listrik surya Anda. Anda dapat juga menggunakan layanan gratis Konsultasi Listrik Surya dari janaloka dengan klik di sini. Tim janaloka akan selalu siap membantu Anda!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 13 =

Iklan

Pesan