Invention

Kereta dengan Panel Surya Pertama di Australia

Kereta dengan Panel Surya Pertama di Australia – Perusahan Kereta Byron Bay mengaktifkan kembali jalur kereta yang sudah tidak dipakai dengan kereta lawas yang sudah direstorasi dan diubah 100% bertenaga surya. Perusahaan non profit tersebut merekondisi jalur kereta sepanjang 3 kilometer, termasuk jembatan di antara jalur tersebut yang menghubungkan antar wilayah kota Byron Bay.

Kereta dengan tenaga surya penuh

Kereta bertenaga surya tersebut dilengkapi dengan panel surya berkemampuan total 30kW, sistem baterai penyimpan daya, dan stasiun pencatu daya, serta beberapa element sekitar resor Byron Bay.

Kereta bertenaga surya tersebut memiliki panel surya fleksibel berkapasitas masing-masing 6.5 kW yang diletakkan di atas gerbong penumpang, yang juga mampu mengangkut hingga 100 penumpang dalam sekali waktu perjalanan.

Kereta dengan Panel Surya Pertama di Australia

Panel surya tersebut dihubungkan ke baterai di dalam kereta berkapasitas 77 kWh, yang juga dicatu daya secara terpisah saat antar perjalanan di stasiun panel surya. Menurut RenewEconomy, kapasitas baterai yang digunakan hampir sama yang digunakan Tesla Model S, hanya saja kereta tersebut hanya membutuhkan sekitar 4 kWh per sekali perjalanan, sehingga energi yang tersedia sangat mencukupi 12-15 perjalanan hanya sekali isi ulang. Dan fitur pengereman regeneratif memungkinkan kereta untuk mendapatkan kembali 25% energinya jika rem digunakan.

Kereta tersebut awalnya akan dioperasikan dengan mesin diesel, namun setelah terjadi penolakan masyarakat terhadap penggunaan mesin diesel untuk kereta disana, perusahaan mencari alternatif lain menggunakan mesin kendali listrik yang dikombinasikan dengan stasiun pencatu daya bertenaga surya dan ternyata ide tersebut dapat diterima.

kereta dengan panel surya pertama di Australia ini hanya membutuhkan sekitar 4 kWh daya per sekali perjalanan

Gerbong kereta tersebut, pada mulanya dibuat pada tahun 1949 di Chullora Railway Workshops di Sydney menggunakan aluminium ringan berteknologi pesawat (fasilitas tersebut dioperasikan sekitar tahun 1942-1945 untuk membuat bombers) yang direstorasi oleh Lithgow Railway Workshop.

Semua sistem di dalam kereta, termasuk daya traksi, lampu, kontrol sirkuit, dan kompresor udara mendapatkan daya dari tenaga surya (melalui baterai), yang diyakini perusahaan sebagai yang pertama di dunia. Kereta bertenaga surya Byron Bay juga dilengkapi dengan salah satu dari dua mesin diesel asli sebagai cadangan darurat jika terjadi kegagalan pada mesin kendali listrik.

Sumber: Treehugger

Apa komentar anda?

10 − 8 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...