Jobs

Kenaikan Jumlah Lapangan Kerja Industri Tenaga Surya

Laporan terbaru telah dikeluarkan oleh International Renewabale Energy Agency (IRENA), mengungkapkan bahwa terjadi kenaikan jumlah lapangan kerja industri tenaga surya di Amerika Serikat (dan negara-negara lainnya) dengan cukup cepat.

Kenaikan jumlah lapangan kerja industri tenaga surya

Pada November 2016, industri tenaga surya Amerika telah mempekerjakan 260.077 orang. Jumlah yang menunjukkan peningkatan sebanyak 24,5% dibanding tahun 2015, dengan nilai pertumbuhan 17 kali lebih cepat daripada perekonomian Amerika secara keseluruhan.

Kenaikan Jumlah Lapangan Kerja Industri Tenaga Surya

Pembagian lapangan pekerjaan segmen energi surya menyumbang 241.900 lapangan kerja, masih ditambah lagi dengan 13.000 lapangan kerja dari segmen pemanas dan pendingin bertenaga surya, dan 5.200 sisanya dari segmen tenaga surya terkonsentrasi (CSP).

Lebih dari separuh lapangan pekerjaan tenaga surya di Amerika Serikat adalah ternaga instalasi. 15% pada sektor manufaktur, 13% pada Solar PV Project Development, 12% pada penjualan dan distribusi, dan 6% pada sektor lainnya yang termasuk di dalamnya riset dan pengembangan.

Biaya murah produksi energi surya

Cahaya matahari yang diolah oleh sistem tenaga surya tidak memakan biaya sepeser pun, gratis. Hal ini membuat biaya untuk pekerja dan material menjadi poin utama anggaran pengeluaran industri tenaga surya. Karena biaya untuk material terus menurun ke depannya, lapangan pekerjaan di bidang ini tetap menjanjikan untuk pekerja kerah biru.

Pekerja di bidang ini pun bervariasi, dengan jumlah pekerja perempuan sebanyak 28% pada 2016, naik 19% dari tahun 2013, dan bisa mencapai angka 33% untuk sektor penjualan dan distribusi. Ini berarti semakin banyak perempuan bekerja di dalam industri tenaga surya daripada industri energi konvensional.

Masa Depan lapangan pekerjaan di bidang Energi Terbarukan

Lapangan pekerjaan di bidang tenaga surya bukan satu-satunya hal yang menjanjikan untuk perekonomian Amerika saat ini. Industri tenaga angin menyediakan sekitar 102.500 lapangan pekerjaan pada 2016, sementara IRENA projects akan menyediakan 147.000 lapangan pekerjaan pada 2020.

Lapangan pekerjaan untuk produksi ethanol sedang mengalami penurunan meski produksi sedang meningkat karena terjadi peningkatan produktifitas pekerja; kebanyakan lapangan kerja ethanol (sekitar 161.700) ada di sektor pertanian, 35.000 lapangan kerja di sektor produksi. 23% produksi biodiesel lagi  di 2016 mengkorespondensikan 23% lapangan pekerjaan, sekitar 61.100 lapangan, dengan total 80.000 jika ditambah pekerjaan langsung dan tidak langsung dari sektor biomasa solid. Sehingga, ada sekitar 7.000 lapangan pekerjaan biogas di Amerika pada tahun 2016.

Lapangan pekerjaan yang disediakan industri bahan bakar fosil semakin menurun, karena sumber daya alam yang semakin menipis dan munculnya opsi alternatif yang lebih murah. Riset berkelanjutan membawa sumber energi terbarukan ke dalam panel grid dengan biaya yang terus menurun, sehingga lapangan pekerjaan yang dihasilkan industri sumber energi terbarukan bisa diharapkan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Walaupun belum ada data secara signifikan yang dapat menerangkan situasi potensi lapangan pekerjaan di Indonesia, namun janaloka mencatat trend positif untuk permintaan kebutuhan pekerja di bidang energi surya.

Terhitung dari awal 2017 hingga sekarang, terdapat lebih dari 20 permintaan tenaga profesional di bidang energi surya yang masuk tampil dalam layanan lowongan pekerjaan di Janaloka. Kondisi ini menunjukkan bahwa ada dampak dari peningkatan kebutuhan pemasangan sistem energi surya.

 

Cari lowongan pekerjaan energi surya?

 

Kondisi Kenaikan Jumlah Lapangan Kerja Industri Tenaga Surya tidak terlepas dari semakin luasnya aplikasi sistem dan semakin besarnya permintaan pekerjaan pemasangan, baik retail ataupun untuk kebutuhan proyek pemerintah dan swasta. Sehingga berpengaruh terhadap penyediaan sumber daya manusia dalam industri itu sendiri.

 

2 Komentar

  1. I will immediately snatch your rss as I can not find your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service.
    Do you have any? Please let me recognise in order that I may just subscribe.
    Thanks.

    Balas

Apa komentar anda?

14 + 16 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia