Kanopi Surya ini Menyediakan Listrik, Air dan Keteduhan
Invention

Kanopi Surya ini Menyediakan Listrik, Air dan Keteduhan

Kanopi surya dapat menyediakan keteduhan untuk orang-orang di bawahnya dan di saat bersamaan menghasilkan energi listrik dari sinar matahari. Namun, Startup ThinkPhi telah melangkah lebih jauh dengan produk unggulan mereka, Model 1080, yang tidak hanya menghasilkan listrik terbarukan dari matahari (dan menyimpannya ke dalam baterai terintegrasi), namun juga dapat mengumpulkan dan memfilter air hujan.

Produk tersebut berbentuk menyerupai payung yang terbalik. Terdapat panel surya pada bagian atasnya, yang juga berfungsi sebagai kanopi pengumpul air hujan lalu meneruskannya ke ruang filtrasi, dan mengintegrasikannya ke lampu LED di bagian bawah kanopi. Model dengan ukuran paling besar, 1080XL, memiliki kanopi berukuran 20 meter kali 20 meter yang mampu menghasilkan listrik 45kW dan mengumpulkan sekaligus memfilter ratusan ribu galon  air hujan per tahun, tergantung intensitas hujan lokal.

Produk perusahaan startup tersebut, yang sangat unik dan cocok untuk daerah-daerah di India yang terekspos sinar matahari tinggi dan hujan musiman, bisa dimanfaatkan untuk beberapa aplikasi, dari atap parkir mobil hingga pemberhentian bus dan kereta hingga tempat duduk luar ruang untuk bisnis.

Kanopi Surya ini Menyediakan Listrik, Air dan Keteduhan

Produk kanopi surya berbentuk menyerupai payung yang terbalik. Terdapat panel surya pada bagian atasnya, yang juga berfungsi sebagai kanopi pengumpul air hujan lalu meneruskannya ke ruang filtrasi, dan mengintegrasikannya ke lampu LED di bagian bawah kanopi.

Unit yang paling kecil memiliki kapasitas untuk menyalakan lampu LED, dengan keteduhan dan tadah air hujan sebagai keunggulan utama perangkat ini. Bagian atas untuk unit dengan kapasitas di atasnya ditutupi dengan panel surya, yang dapat menghasilkan listrik untuk disimpan dan digunakan nanti.

Menurut Economic Times India, Pendiri ThinkPhi Samit Choksi mengatakan untuk model yang besar mampu “memfilter lebih dari 1 juta liter air hujan” dan “bisa mensuplai energi listrik untuk proyek infrastruktur besar.” Salah satu fungsi yang disarankan oleh perusahaan adalah untuk mencatu daya mobil listrik, meskipun belum ada data spesifik efisiensi pencatu daya tenaga surya ini atau model yang direkomendasikan untuk penggunannya.

ThinkPhi mengatakan sudah menjual sebanyak 200 unit, dan berharap untuk menjual beberapa ratus unit lagi hingga akhir tahun. Harga per unit mulai dari USD 1500 untuk model yang paling kecil, dan semua model diberikan jaminan garansi 15 tahun.

Sumber: Treehugger

Apa komentar anda?

13 − five =