Initiatives

Jumlah Lelang Tender Panel Surya Meningkat di Albania

Jumlah Lelang Tender Panel Surya Meningkat di Albania – Melalui lelang proyek tersebut, yang akan mendapat bantuan dari the European Bank for Development and Reconstruction (ERBD), pemerintah Albania berharap dapat memasang sekitar 30 MW sampai 50 MW tenaga surya.

Jumlah Lelang Tender Panel Surya Meningkat di Albania
Sumber: albanianchallenge[.]org

Pengumuman jumlah lelang tender panel surya pada awal Mei

Menteri Energi dan Industri Albania sedang mengkaji proposal proyek lain yang kemungkinan besar akan bersaing di lelang proyek tenaga surya yang diumumkan pada awal Mei.

Kementerian tersebut mengumumkan bahwa perusahaan Albania, In Food Sh.P.K., berencana untuk membangun sebuah pembangkit listrik tenaga surya sebesar 1,97 MW di Gomsiqja, pada negara bagian Shkodër, Albania Utara.

Proyek tersebut akan membutuhkan lahan sebesar 38.000 m2 dan sebuah investasi sebesar €2.7 juta, seperti dinyatakan oleh kementrian Albania pada sebuah dokumen yang dipublikasikan pada website mereka.

Sementara itu, menteri energi negara tersebut, Entela Cipa, mengatakan kepada media lokal bahwa, secara keseluruhan, 10 proposal yang sejenis untuk proyek panel surya dan tenaga air yang mencapai 2MW, telah diterima oleh kementerian tersebut sampai saat ini.

Proyek-proyek tersebut akan dipercepat dalam rangka menjamin kapasitas yang baru terpasang dapat dioperasikan mulai tahun depan.

Jumlah daya terpasang berkisar 30 MW – 50 MW

Lebih lanjut lagi, menteri energi mengatakan bahwa proyek-proyek tenaga surya yang dipilih pada lelang proyek mendatang diperkirakan mencapai kapasitas daya terpasang antara 30 MW sampai 50 MW.

Walaupun tanggal lelang proyek masih belum diketahui, pemerintah Albania sedang dibantu oleh European Bank for Reconstruction and Development (EBRD) dalam membuat peraturan tender.

Sebelum proyek diajukan oleh In Food Sh.P.K., beberapa proyek PV lain dengan kapasitas yang sama telah diajukan kepada Kementerian Energi dan Industri, yang salah satunya merupakan proyek 2 MW yang direncakan oleh AEE Sh.P.K.

Pembangkit yang direncanakan tersebut akan dibangun di kota Lushnje, Albania Barat-Tengah, dengan harga €1 juta. Proposal lain diajukan oleh Albanian General Electricity SH.A. dan A.E. Distribution. Kedua perusahaan tersebut berharap dapat membangun pembangkit seharga €2 juta di Fier, provinsi homonym.

Kementerian Albania juga mengevaluasi dua proposal untuk dua buah pembangkit listrik tenaga surya sebesar 50 MW. Satu proyek, terletak di Malik, kota di negara bagian Korçë Albania Timur, diajukan oleh konsorsium yang dibentuk oleh perusahaan-perusahaan lokal: Gamma Sh.P.K., Alfa Energy Sh.P.K., Beta Energy Sh.P.K., Delta Solar Sh.P.K., dan Solaris Sh.P.K..

Sementara pembangkit listrik tenaga surya kedua sebesar 50 MW direncanakan akan dibangun di Novoselë, sebuah desa di negara bagian Vlorë, oleh pabrik kendaraan SPV Novoselë Photovoltaic PowerPlant Sh.P.K.

Apa komentar anda?

1 × three =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia