Solar

Jalur Sepeda Starry Night dengan LED Bertenaga Surya

Meskipun Vincent Van Gogh meninggal sebelum ulang tahun ke-38, koleksi karya seninya yang berani, warna-warni, dan emosional telah memberikan warisan yang luar biasa pada generasi sekarang. Inspirasi yang tidak hanya diperuntukkan bagi Seniman, namun juga menjadi sumber ide bagi pelaku industri sistem panel surya.

Salah satu lukisan paling terkenal van Gogh, “Starry Night”, memberikan inspirasi bagi Studio Roosegarde untuk merancang jalur sepeda yang diterangi oleh lampu LED bertenaga surya, sehingga menghidupkan lukisan van Gogh secara lebih nyata.

Jalur Sepeda Starry Night dengan LED Bertenaga Surya

Dipelopori oleh Daan Roosegaarde, jalur sepeda Starry Night dengan LED bertenaga surya menggunakan LED yang dihubungkan dengan panel surya, serta dipermanis dengan cat yang menyerap cahaya untuk menciptakan apa yang disebut Roosegarde sebagai “techno poetry.”

Roosegarde juga melakukan hal serupa untuk jalan raya, walaupun dengan aplikasi yang lebih konvensional dan praktis bentuknya. Ia menggunakan aplikasi ini, untuk menggantikan penggunaan lampu jalan tradisional. Cat yang dapat menyerap cahaya serta bersinar pada malam, juga ikut digunakan.

Selain menjadi lebih nyaman pada mata, aplikasi ini juga mengurangi pemakaian energi, menghemat uang dan menurunkan emisi. Walaupun, proyek terbaru Roosegaarde, jalur sepeda Starry Night dengan LED bertenaga surya, adalah jelas lebih kreatif dan artistik.

Secara resmi, jalur sepeda Starry Night dengan LED bertenaga surya membuka acara tahunan van Gogh pada 2015. Jalur ini ditempatkan di Nuenen, di mana van Gogh tinggal (1883 – 1885). Sehingga, pengunjung secara tidak langsung diajak untuk dapat “mengikuti jejak” dari pelukis pasca-impresionis ini secara harfiah.

Jalur Sepeda Starry Night dengan LED Bertenaga Surya

Gagasan inovatif untuk sebuah jalur jalan sepeda

Roosegarde menantang gagasan konservatif selama ini tentang konsep jalan, Menurutnya, jalan harus memiliki jalur yang lebih “cerdas” dan lebih efisien untuk membantu perpindahan orang dan barang. Sehingga dapat memberikan kesan tersendiri bagi penggunanya.

Eropa adalah rumah bagi beberapa jalur jalan sepeda yang paling kompleks dan kreatif di dunia. Eropa telah menantang tradisi kepemilikan kendaraan bermotor, dengan menawarkan alternatif alat transportasi yang lebih murah, dan alternatif praktis, sehat: Sepeda.

Apa komentar anda?

18 + ten =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia