Energy

Investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga

Banyak dari kita yang mungkin bertanya, berapa sih investasi yang diperlukan untuk memasang sebuah sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di rumah? Produk apa saja yang perlu digunakan? Siapa yang bisa membantu memasangnya? Dan keuntungan apa yang kita peroleh dari pemasangan tersebut?

Investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga
Sumber : generationsolar[.]com

Investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga

Untuk mengetahui besaran investasi yang dibutuhkan dalam pemasangan PLTS, yang perlu dilakukan adalah memastikan berapa kapasitas daya PLTS yang ingin dipasang di rumah. Cara memastikannya adalah dengan:

  1. Ketahui berapa kapasitas besaran kWh terpasang di rumah anda.
  2. Untuk pemasangan tanpa net metering, kapasitas daya PLTS yang terpasang sangat dianjurkan berada di bawah kapasitas kWh. Misal untuk kapasitas kWh 2.200, pilih kapasitas PLTS sebesar 2.000 Wp.
  3. Untuk pemasangan dengan net metering, anda harus menghubungi kantor PLN terdekat untuk mengetahui berapa kapasitas yang disarankan untuk terpasang.

Setelah anda mengetahui kapasitas daya PLTS yang ingin dipasang, silahkan hubungi layanan penyedia sistem PLTS terdekat. Mereka dapat membantu menghitung biaya investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga.

Baca juga : Aplikasi sistem PLTS untuk rumah tangga 

Produk yang digunakan untuk PLTS rumah tangga

Besaran biaya investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga, juga sangat bergantung dengan jenis dan pilihan tipe produk yang digunakan. Produk yang bagus adalah produk yang mampu memberikan jaminan garansi dan purna jual yang handal. Investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga yang cukup tinggi dan dengan tingkat pengembalian (ROI) yang lama, harus dapat dijawab dengan masa pakai dan layanan yang handal pula.

Baca juga: Perhatikan hal berikut untuk memilih panel surya

Di pasaran, ada beberapa tingkat kualitas produk PLTS. Jangan tertipu dengan harga murah, karena pemakaian PLTS adalah tidak dalam 1 – 2 tahun, namun bisa hingga 25 tahun. Jadi, sangat dianjurkan menggunaan produk yang sudah teruji kualitasnya.

Produk-produk yang digunakan dalam pemasangan PLTS adalah sebagai berikut:

  1. Panel surya; Komponen utama dalam sistem PLTS dan memiliki nilai investasi paling tinggi.
  2. Inverter Grid Tie; Komponen kedua yang berfungsi merubah listrik DC menjadi AC, sehingga siap digunakan oleh peralatan rumah tangga secara langsung.
  3. Mounting panel surya; Tempat dudukan pemasangan panel surya.
  4. Panel kotak kontrol dan kabel.

Jasa Pemasangan PLTS untuk rumah tangga

Jika saja anda sedikit banyak mengetahui mengenai listrik, anda dapat melakukan sendiri (DIY) pemasangan PLTS. Namun, jika anda kurang yakin, anda dapat memanfaatkan jasa pemasangan PLTS. Biaya jasa pemasangan PLTS untuk rumah tangga, akan bergantung pada:

  1. Letak daerah pemasangan; semakin jauh dari pusat kota maka biaya distribusi barang dan jasa akan semakin mahal.
  2. Areal pemasangan pada rumah; struktur atap, luasan ketersediaan lahan, objek penghalang di sekitar bangunan akan mempengaruhi besaran biaya investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga.

Investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga

Keuntungan Pemasangan PLTS untuk rumah tangga

Memasangan PLTS di rumah tangga akan membantu anda mengefisienkan penggunaan PLN dari bahan bakar fosil. Mengurangi polusi dan menjaga stabilitas ekosistem dari eksploitasi penambangan minyak mentah, dapat meningkatkan kulitas hidup anda dan generasi yang akan datang.

Biaya investasi pemasangan PLTS untuk rumah tangga cukup besar di awal, namun jika dihitung selama 25-30 tahun, tentu investasi yang dikeluarkan menjadi berbanding. Terutama jika Feed in Tarif sudah disahkan oleh pemerintah, memasang PLTS dapat menjadi sumber pemasukan ekonomi juga.

Apa komentar anda?

twenty + eighteen =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia