Application

Inovasi Teknologi Mobil Listrik Oleh Sono Dan Tesla

Berbeda dengan para perusahaan rintisan lain yang mengembangkan mobil listrik dengan sistem pengisian ulang baterai yang cepat, Sono Motors malah meluncurkan Inovasi Teknologi Mobil Listrik bertenaga surya. Mobil yang disapa Sion itu dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari mobil listrik pada umumnya.

Inovasi Teknologi Mobil Listrik yang dapat mencatu dayanya sendiri

Jika mobil listrik ada yang mencapai miliaran Rupiah harganya, Sion dijual dengan harga Rp 249 jutaan saja namun tanpa baterai di dalamnya. Baterai bisa dibeli sekaligus ataupun terpisah dengan harga Rp 6,2 jutaan saja atau bahkan bisa dipinjam dengan biaya tertentu setiap bulannya.

Soal daya jelajah, Sion bisa berjalan-jalan hingga jarak 250km. Penggunaannya juga bisa dibilang cocok untuk menemani kegiatan sehari-hari.

Inovasi Teknologi Mobil Listrik

Yang tak kalah keren adalah mobil buatan Jerman ini bisa mengecas sendiri listriknya dengan sistem yang dinamakan viSono yang diambil dari kata Vision atau penglihatan. Lewat panel surya, listrik dialirkan ke baterai cukup untuk jarak 30 km perharinya.

Fitur lain yang tersemat adalah sistem biSono. Sistem tersebut memungkinkan baterai tak hanya bisa mengecas sendiri tapi juga bisa menjadi sumber energi laiknya powerbank berjalan bagi mobil listrik lain.

Dengan sebuah aplikasi pada smartphone bahkan mobil bisa menawarkan untuk meminjamkan Sion kepada pengendara lain. Sono bakalan mengetes Sion pertamanya di Eropa Barat di 12 kota dalam 6 negara.

Tesla menciptakan teknologi pergantian baterai mobil listrik

Berbeda dengan Sono, Setelah merakit mobil listrik yang sangat spektakuler dan menyediakan tempat casnya seperti SPBU, bos Tesla, Elon Musk, juga telah membuat inovasi teknologi pergantian baterai mobil listrik yang diklaim sangat efektif dan cepat.

Dinamai Battery Swapping System and Techniques, Musk mengklaim waktu yang diperlukan untuk pergantian baterai mobil listrik mampu dilakukan hanya dalam waktu 15 menit.

“Karena proses pergantian seperti ini memerlukan waktu yang sangat lama dan mengingat beberapa mobil listrik dirancang agar dapat menggonta-ganti baterainya, oleh karena itu kita buat teknologi ini. Teknologi ini mampu melakukan pergantian tersebut kurang dari 15 menit saja,” ujar Elon Musk seperti yang dilansir Insideevs.

Sistem pergantian baterai mobil listrik ini hanya memerlukan setidaknya satu teknisi. Ke depan, sistem Inovasi Teknologi Mobil Listrik yang sudah dipatenkan oleh Tesla ini akan dibuatkan stasiunnya.

Apa komentar anda?

18 − 10 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia