Application

Inovasi Moda Transportasi dengan Panel Surya

Perkembangan inovasi penggunaan solar panel, tidak hanya berhenti pada aplikasi untuk rumah dan komersial. Namun juga ada Inovasi Moda Transportasi dengan Panel Surya. Moda-moda tranportasi tersbut menggunakan listrik dari panel surya, baik digunakan untuk sebagai tenaga penggerak atau untuk menyuplai kebutuhan peralatan listrik pada moda tersebut.

Dibawah ini ada 5 Inovasi Moda Transportasi dengan Panel Surya, yaitu:

Kereta api terintegrasi panel surya

Indian Railways membuat Inovasi Moda Transportasi dengan Panel Surya melalui integrasi panel surya dengan kereta penumpang Non-AC Rewari-Sitapur. Perusahaan kereta api India tersebut, melakukan pemasangan panel surya pada atap kereta.

Tenaga yang dihasilkan dari panel surya akan digunakan untuk menghidupkan lampu di gerbong-gerbong kereta. Secara bertahap instalasi ini, juga akan dipasang pada kereta Shan-e-Punjab Express dan Taj Expres, termasuk instalasi di stasium kereta dan sekitarnya. Penggunaan solar panel di kereta adalah bagian dari kebijakan 1000 MW India 2020.

Inovasi Moda Transportasi dengan Panel Surya

Kapal barang dengan energi alternatif dari surya

Auriga Leader adalah sebuah kapal barang yang menggunakan panel surya, tidak kurang dari 328 unit panel, untuk membantu 1% penggunaan listrik di atas kapal. Ide penggunaan panel surya adalah untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan kapal ketika bersandar dan melakukan bongkar muat di pelabuhan.

Kapal barang Auriga Leader masih membutuhkan kurang lebih 400 kWh energi listrik ketika bersandar. Daya sebesar ini, digunakan untuk menggerakan alat dan mendukung aktivitas yang terjadi di atas kapal saat melakukan bongkar muat.

Inovasi Moda Transportasi dengan Panel Surya

Kapal selam bertenaga surya

Swiss energy company BKW membuat sebuah proyek energi hijau untuk kapal selam yang diberi nama “GOLDFISH project“. Proyek ini memungkinkan penggunaan listrik tenaga surya sebesar 30 kW digunakan oleh kapal selam di dalam air.

Rencananya, solar panel akan terpasang mengapung diatas air yang kemudian akan dihubungkan dengan kapal selam melalui sebuah kabel. Secara keseluruhan, konsep ini terlihat seperti konsep daun teratai. Daun (solar farm) akan mengapung di permukaan, sementara sebuah kapal dengan berat 80 ton, panjang 30 meter dan tinggi 10 meter, akan berada maksimal 300 meter di dalam air. Kapal ini dapat menampung hingga 24 orang.

Pesawat surya berawak pertama di dunia

Solar Impulse 2 yang diawaki oleh Bertrand Piccard dan Andre Borschberg adalah pesawat terbang pertama di dunia yang mampu terbang tanpa membutuhkan bahan bakar fosil. Dengan berat 2,3 ton dan rentang panjang sayap 72 m, pesawat ini memecahkan rekor dunia untuk pesawat surya berawak pertama di dunia.

Bis bertenaga listrik dari surya

Tindo, sebuah bus yang menggunakan 100% tenaga surya diperkenalkan di Adelaide, Australia. Bus ini digunakan sebagai moda transportasi masyarakat dan gratis. Dengan kapasitas penumpang hingga 40 orang, bus ini juga dilengkapi fasilitas internet gratis. Bus ini mampu menjangkau hingga 200 km setiap satu kali pengisian daya.

Penggunaan bus surya ini mampu mengurangi emisi karbon hingga 70,000 kg dan menghemat 14,000 liter bahan bakar setiap tahunnya. Bus ini merupakan Inovasi Moda Transportasi dengan Panel Surya yang menjawab kebutuhan masyarakat modern.

Baca juga : Inovasi bus bertenaga surya dari Indonesia

Inovasi Moda Transportasi dengan Panel Surya

Apa komentar anda?

twelve − two =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia