Invention Startup Storage

Inovasi Bisnis Baterai Tesla – Powerwall

Sistem penyimpanan baterai Tesla – Powerwall bukanlah inovasi radikal, dan bukan baterai lithium pertama untuk penyimpanan energi yang muncul di pasar. Tapi, Elon Musk paham, tidak selalu teknologi terbaik yang menang dalam sebuah lomba inovasi bisnis.

Inovasi Baterai Tesla – Powerwall

 

Baterai Tesla – Powerwall adalah teknologi baterai yang dapat memberikan solusi lebih mudah untuk penyimpanan energi surya, karena mudah untuk dilakukan penginstalan, relatif murah untuk proses perawatan, dan lebih estetis untuk penggunaan rumah tangga.

Keuntungan penggunaan dari Baterai Tesla – Powerwall, memang akan lebih besar dirasakan untuk rumah tangga atau bisnis yang telah memasang panel surya dan, mungkin, memiliki kendaraan listrik Tesla. Karena Baterai Tesla – Powerwall ini akan memungkinkan energi yang dihasilkan pada siang hari untuk disimpan untuk digunakan di malam hari, saat matahari tidak bersinar. Namun akan cukup baikkah jika diaplikasikan dengan teknologi lain, seperti Scheneider atau SMA?

baterai tesla - powerwall

Munculnya ide bisnis ini, tidak terlepas dari kerjasama Elon Musk, CEO Tesla dan Direksi SolarCity, dengan Lyndon Rive, CEO SolarCity, yang merupakan startup energi terbesar untuk sistem rooftop di AS. Dengan kerjasama ini, baterai Tesla – Powerwall akan menjadi standar teknis baru untuk instalasi solar panel sistem, yang akan diadopsi penggunaanya oleh mayoritas rumah tangga dan bisnis di AS.

Perkambangan Baterai Tesla – Powerwall di Masa Depan

Untuk mendukung strategi ini, kedua perusahaan telah merencanakan peningkatan kapasitas produksi mereka dalam beberapa tahun kedepan. Kerjasama bisnis dengan partner-partner potensial dan produksi skala besar merupakan langkah-langkah strategis yang telah mereka lakukan. Karena visi mereka untuk membuat sumber energi yang lebih terjangkau, akan memberikan konsekuensi ada lebih banyaknya permintaan untuk solusi penyimpanan seperti Baterai Tesla – Powerwall dan “menyedot” pembiayaan yang cukup besar awalnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, matahari telah menjadi bagian dari tren penggunaan sumber-sumber energi baru, seperti tenaga angin, air, dan nuklir. Namun, apakah sumber energi matahari lebih unggul sebagai alternatif teknologi energi bersih?

Memang kita dapat lihat bahwa perkembangan teknologi solar panel dan penurunan biaya produksi terjadi dengan cepat beberapa tahun terakhir. Namun teknologi energi baru dan terbarukan lainnya juga berkembang dengan signifikan. Jika saja dengan inovasi seperti Baterai Tesla – Powerwall atau google sunroof bisa mendorong aplikasi sistem solar panel lebih cepat, siapa yang berani menyangkal jika tahun 2016 kita bisa mendapatkan sistem solar panel yang lebih murah?

Apa komentar anda?

20 + 6 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia