Initiatives Report

India Memasang 1396 MW Solar Panel Rooftop Hingga 2017

India memasang 1396 MW solar panel rooftop hingga Maret 2017, dengan hampir setengah dari angka tersebut (678 MW) terpasang pada tahun fiskal 2016-2017, berdasarkan ‘Peta Solar Panel Rooftop India’ yang dilaporkan oleh Bridge to India.

Kesuksesan India memasang 1396 MW solar panel rooftop

Kesuksesan 12 bulan terakhir tersebut menandakan pertumbuhan tahunan sebesar 81%, dengan pertumbuhan tahunan yang diharapkan sebesar 76% di tahun finansial berjalan dan total pemasangan solar panel yang melebihi 2 GW.

Pertumbuhan tahun ini akan didorong oleh tender solar panel rooftop yang sedang dan baru selesai dijalankan. Sektor publik juga akan menghadapi pertumbuhan yang mengesankan sebesar 205% dalam periode ini.

Dari segi kota pada 2016-2017, kota seperti Tamil Nadu, Maharashtra, Rajasthan, Gujarat, dan Karnataka menyumbangkan sebesar 40% dari total kapasitas penambahan solar panel rooftop di negara tersebut.

Pengembang solar panel rooftop terdepan pada 2016-2017 adalah CleanMax, CleanTech, Azure, Amplus dan RattanIndia. Sementara itu, Delta dan SMA (termasuk Zever) memegang 60% pangsa pasar inverter solar panel rooftop pada periode tersebut.

India memasang 1396 MW solar panel rooftop

Penurunan harga EPC untuk solar panel rooftop

Total harga (desain, pembelian dan pemasangan) EPC untuk solar panel rooftop turun hingga 19% dalam satu tahun dan pasar OPEX, dimana pengembang pihak ketiga memiliki dan memasang sistem solar panel pada atap rumah pelanggan, juga meningkat sebesar 122%.

Bridge to India mengilustrasikan gambaran yang sangat positif untuk masa depan solar panel rooftop India.  Mereka menjabarkan, bahwa pendorong terbesarnya adalah pengembangan ekonomi, tender pemerintah, dan regulasi net-metering yang lebih baik pada seluruh kota. Pemerintah pusat juga baru-baru ini mengumumkan dua buah kebijakan yang mungkin dapat mendorong sektor tersebut, melibatkan mandat untuk banyak bangunan baru.

Perusahaan Tenaga Surya India juga mengajukan tender untuk solar panel rooftop sebesar 8 MW di universitas Varanasi. Bahkan sebuah perusahaan distribusi Delhi menunjukkan minat yang besar untuk mempromosikan solar panel rooftop.

Vinay Rustagi, direktur Bridge to India mengatakan: “Pasar solar panel rooftop India pada akhirnya menyadari potensinya. Pelanggan industri dan komersial tetap menjadi segmen pasar terbesar. Pelanggan-pelanggan tersebut dapat menghasilkan penghematan yang sempurna dari segi energi surya yang lebih murah dan juga pengurangan carbon footprint.”

Dia menambahkan “Segmen sektor publik juga diharapkan dapat menunjukkan pertumbuhan yang kuat dalam tahun-tahun mendatang, karena dorongan yang kuat dari pemerintah digabungkan dengan subsidi modal sebesar 25-30%.”

Namun sayangnya, net metering tetap menjadi titik lemah dari pasar tersebut dikarenakan DISCOM dan agensi perumahan tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang baik atau tidak ingin mengadopsi solar panel rooftop.” Jelasnya lagi.

Laporan lainnya menyebutkan bahwa segmen solar panel rooftop dapat menciptakan 125.000 lapangan pekerjaan solar panel rooftop dalam lima tahun ke depan.

Apa komentar anda?

three × four =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia