Hyundai Meluncurkan Body Kit Tenaga Surya Untuk Kendaraan
Application

Hyundai Meluncurkan Body Kit Tenaga Surya Untuk Kendaraan

Bekerjasama dengan Kia Motors, Hyundai Motors mengembangkan body kit tenaga surya untuk kendaraan listrik mereka (Electric Vehicle atau EV). Body kit tenaga surya ini dapat menyediakan kapasitas pengisian tambahan bagi kendaraan.

Tergantung pada tingkat iradiasi matahari, teknologi ini dapat memberikan daya baterai 30-60% per hari, seperti yang disampaikan pabrikan.

Pengembangan body kit tenaga surya untuk kendaraan

Para pengembang berencana memasang atap dan kap tenaga surya pada mobil untuk mendukung pengisian baterai EV dan hybrid. Selain itu, teknologi ini juga dapat diterapkan pada model mesin pembakaran internal, untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Ada tiga tahap pengembangan sistem pengisian energi surya yang akan dilakukan, seperti disampaikan Hyundai Motor Group. Generasi pertama terdiri dari sel surya silikon yang dipasang di atap kendaraan, generasi kedua sel surya akan menjadi atap panorama semi-transparan, dan pada generasi ketiga, perusahaan akan memasang sel surya modifikasi ke seluruh badan kendaraan.

Inovasi untuk masa depan

Pada tahap pertama proyek, sel surya silikon akan diproduksi dan dipasang pada atap kendaraan model hibrida.

Pada tahap lanjutan, sel surya terintegrasi atap panorama semi-transparan akan diterapkan pada kendaraan dengan mesin pembakaran internal (internal combustion engine atau ICE). Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan, juga untuk mengantisipasi regulasi mengenai lingkungan, yang akan semakin ketat di masa depan.

Sel surya modifikasi pada badan kendaraan menjadi tahap terakhir dan masih dalam tahap pengembangan. Sel surya ini akan diintegrasikan ke struktur badan kendaraan, baik di atap dan kap kendaraan, sebagai sumber energi tambahan. Untuk meningkatkan efisiensi sistem pengisian, sel surya modifikasi akan dilengkapi dengan sistem kontrol MPPT, yang akan mengoptimalkan tegangan dan arus.

“Di masa depan, berbagai jenis teknologi pembangkit listrik, termasuk sistem pengisian surya, akan digunakan oleh kendaraan. Hal ini akan memungkinkan kendaraan untuk berkembang, dari hanya sebagai perangkat pasif yang mengkonsumsi energi, menjadi perangkat yang secara aktif juga menghasilkan energi, ”kata Jeong-Gil Park, Wakil Presiden Eksekutif Divisi Desain Teknik Hyundai Motor Group. “Paradigma pemilik kendaraan akan beralih dari konsumen ke prosumer energi.”

Apa komentar anda?

2 × four =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...