Kategori
Application

Hindari Memakai Sabun Saat Membersihkan Panel Surya

Permukaan kotor pada panel surya sangat lumrah terjadi, namun hindari memakai sabun saat membersihkan panel surya. Mengapa seperti itu?

Permukaan kotor pada panel surya sangat lumrah terjadi, karena peletakan panel surya berada di ruang terbuka. Sehingga mudah untuk debu dan kotoran lain menempel. Oleh karena itu panel surya perlu dibersihkan secara berkala, namun hindari memakai sabun saat membersihkan panel surya.

Selalu perlu diingat untuk menjaga permukaan panel surya agar tetap bersih sehingga bisa tetap berfungsi secara optimal. Dengan area penampang yang lebih bersih, panel surya akan lebih optimal dalam memproduksi energi listrik.

Iklan

Memakai sabun saat membersihkan panel surya

Menggunakan air sabun dalam melakukan pembersihan panel surya, tidak menjadi larangan namun perlu mendapat perhatian lebih. hal ini di karenakan bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat berinteraksi dengan panel surya secara negatif.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan sabun, gunakan sabun yang bisa Anda gunakan untuk mencuci piring. Karena sabun pada deterjen cucian dan pembersih lain dapat mengandung bahan kimia yang dapat merusak bagian panel surya Anda.

Pastikan juga ketika Anda menggunakan sabun saat membersihkan panel surya, Anda tidak meninggalkan residu atau plak air yang mengering. Karena hal ini dapat mengganggu proses penangkapan cahaya radiasi matahari oleh panel surya.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkan panel surya

Ketika melakukan pembersihan panel surya, perhatikan hal-hal berikut:

Iklan
 Unsur Keselamatan Menjadi Prioritas

Dalam melakukan pembersihan panel surya, yang perlu diperhatikan adalah keselamatan diri sendiri dan orang sekitar. Terkait dengan kelistrikan, anda juga harus memastikan bahwa saat anda melakukan pembersihan, anda harus memadamkan arus listrik terlebih dahulu agar tak terjadi peristiwa konsleting dan hal yang tidak diinginkan seperti tersengat arus listrik.

Posisi saat anda membersihakan panel surya juga perlu anda perhatikan. Pemasangan panel surya yang pada umumnya berada pada atap rumah, seringkali membuat posisi saat melakukan pembersihan panel surya menjadi sedikit sulit.

Jika perlu, gunakanlah alat bantu pijakan seperti scaffolding. Kuncinya adalah buatlah posisi seaman dan senyaman mungkin ketika membersihkannya agar meminimalisir segala bentuk kerusakan dan kecelakaan selama bekerja.

Gunakan Peralatan Sapu dan Lap Khusus

Menggunakan sapu, sikat atau lap khusus dapat menjadi pertimbangan anda selanjutnya. Menggunakan sikat yang terlalu keras disertai dengan tekanan yang cukup kuat dapat membuat panel surya anda lecet dan mengurangi keefektifan serta kinerja dari panel surya anda, begitu halnya dengan menggunakan sapu dan kain lap biasa.

Solusinya, pilihlah bulu sikat yang kuat namun memiliki tekstur yang halus. Dengan begitu, debu-debu dapat anda hilangkan dengan mudah. Dalam penggunaan kain lap, anda dapat memilih kain lap yang halus seperti kain dengan bahan dasar mikro fiber. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan kanebo untuk menyeka air. Atau, jika anda memiliki alat khusus seperti sapu atau sikat atau pel yang sudah terintegrasi dengan selang air, menggunakan alat semacam ini juga dapat anda jadikan solusi dalam membersihkan panel surya.

Cukup Gunakan Air Saat Membersihkan Panel Surya

Panel surya didesain tahan terhadap segala macam cuaca terutama musim hujan karena alat ini sudah menerapkan sistem anti air dalam rangkaiannya. Maka dari itu, anda hanya perlu menggunakan air yang dapat disemprotkan melalui selang. Hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk melakukan pembersihan kotoran pada panel surya anda.

Iklan

Apakah membersihkan panel surya setimpal?

Beberapa literatur dan Ahli menganggap membersihkan panel surya untuk kapasitas kecil atau penggunaan pribadi adalah tidak setimpal. Karena rata-rata daya yang hilang saat panel surya kotor hanya berkisar di angka 5%.

Dengan kondisi panel surya yang telah dipasang dengan kemiringan lebih dari sepuluh derajat dan kondisi cuaca hujan, maka seharusnya panel surya dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cepat.

Namun hal ini akan berbeda untuk penggunaan dalam skala utilitas, karena setiap energi listrik yang hilang sama dengan hilangnya sejumlah uang yang digunakan untuk melakukan investasi dan operasi.

Tapi jika Anda memang merasa membutuhkan pembersihan panel surya, Anda mungkin dapat berbicara dengan kami melalui [email protected] Kami memiliki rekanan profesional yang dapat membantu Anda membersihkan sistem panel surya yang terpasang di tempat Anda!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + thirteen =