Harga Panel Surya di Indonesia dan dunia – Panel surya merupakan komponen utama yang tidak dapat dihilangkan. Hal ini dikarenakan komponen utama tersebut yang akan menjadi sumber pembangkit listrik. Pada semester kedua tahun 2017 ini, harga panel surya dunia mencatat harga terendah di Rp. 3,717.61 per Wp dan harga tertinggi pada Rp. 5,443.64 per WP, dengan rata-rata berkisar pada Rp. 4,275 per Wp*.

Berbeda dengan harga di Indonesia, untuk harga panel surya di Indonesia pada semester II tahun 2017 ini. Harga eceran tertinggi panel surya non TKDN, mencatat harga terendah berkisar pada Rp. 9,500.- per Wp dan harga tertinggi pada Rp. 15,000.- per Wp, dengan rata-rata harga masih berada pada kisaran Rp. 12.250,- per Wp**.

Untuk harga panel surya dengan TKDN sendiri, belum terdapat data dikarenakan belum adanya rilis resmi dari APAMSI (Asosiasi Pabrikan Modul Surya Indonesia) mengenai hal ini.

Jika dibandingkan dengan harga panel surya di dunia, harga panel surya di Indonesia berada dua hingga tiga kali lipat dari harga dunia.

Jika dibandingkan dengan harga panel surya di dunia, harga panel surya di Indonesia berada dua hingga tiga kali lipat dari harga dunia. Hal ini, mungkin, disebabkan oleh:

  1. Indonesia belum memiliki pabrik panel surya yang mampu memproduksi seluruh komponen panel surya di dalam negeri. Rata-rata komponen utama dari panel surya , seperti sel surya, masih diimpor, sehingga harga jual masih belum dapat bersaing.
  2. Dikarenakan masih banyak dilakukan komponen impor, maka biaya distribusi dan pengiriman impor produk juga tinggi.
  3. Biaya barang masuk impor dan pajak produk masih cukup signifikan untuk menambah besar biaya jual produk.
  4. Permintaan dalam negeri yang masih cenderung kecil, sehingga persaingan bisnis belum terlihat.
  5. Kebijakan pemerintah masih belum optimal untuk mendorong bisnis energi surya berkembang lebih masif.

Bagaimana menurut anda, apakah harga panel surya masih mahal? Apa masukan anda untuk mendorong bisnis ini agar lebih berkembang? Silahkan bagi pendapat anda di kolom komentar!

Sumber
Catatan
Harga Panel Surya di Indonesia Pada Semester II Tahun 2017
Listrik Ramah Lingkungan – Energi ramah lingkungan terus berkembang dan dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik bagi ruang publik kota seperti di kawasan Taman Keluarga Berencana, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kompas/P Raditya Mahendra Yasa (WEN).
https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/09/panel-surya-janaloka-940x529.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/09/panel-surya-janaloka-300x169.jpgGalih RadityaFinanceaplikasi,Asitektural,business,cara kerja PLTS,community,DC coupling,design,development,energi surya,feed in tarif,Financing,harga panel surya,Indonesia,inovation,Listrik desa,on grid,Panel surya,panel surya murah,PLTS,produk,renewable energy,solar system,Surya,teknologiHarga Panel Surya di Indonesia dan dunia - Panel surya merupakan komponen utama yang tidak dapat dihilangkan. Hal ini dikarenakan komponen utama tersebut yang akan menjadi sumber pembangkit listrik. Pada semester kedua tahun 2017 ini, harga panel surya dunia mencatat harga terendah di Rp. 3,717.61 per Wp dan harga tertinggi...The #1 Solar Energy Crowd