Categories
Goods

Inovasi Genteng Panel Surya Untuk Rumah

Genteng panel surya adalah salah satu inovasi penggunaan panel surya tipe BIPV (Building Integration Photovoltaic) untuk dapat digunakan agar menyatu dengan bangunan. Tipe panel surya ini dapat digunakan dan berfungsi selayaknya genteng pada umumnya, namun sekaligus juga menghasilkan daya listrik untuk kebutuhan rumah.

Pemenuhan listrik dari energi surya

Penggunaan energi listrik, telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat modern. Sepanjang hidup manusia, bahkan saat tidur sekalipun, manusia membutuhkan tenaga listrik. Namun disisi lain, ketersediaan energi fosil sebagai sumber utama, hingga >80%, pembangkit listrik di dunia semakin menipis.

Iklan

Iklan

Pesan!

Oleh karena itulah pemenuhan kebetuhan energi listrik dari energi surya, sebagai energi terbarukan, sangat diperlukan. Selain tidak akan habis, energi ini juga tidak menghasilkan polusi seperti saat menggunakan bahan bakar dari fosil.

Pada tahun 1980an, sistem panel surya masih mahal dan tidak semua orang mampu mengakses pembangkit ini, apalagi untuk memasangnya di rumah. Namun, seiring waktu, harga sistem panel surya yang mulai terjangkau dan banyaknya pilihan tipe spesifikasi yang dapat digunakan, menyebabkan banyak orang yang telah memasang panel surya di rumah mereka.

Penggunaan BIPV sendiri, sudah mengalami kemajuan yang pesat beberapa tahun terakhir. Kendala untuk jenis panel surya ini adalah masih sulitnya mendapatkan efisensi produksi listrik seperti pada penggunaan panel surya umumnya. Dan biaya sistem yang masih cukup mahal dibanding panel surya crystalline.

Inovasi genteng panel surya untuk rumah tangga

Namun, dengan inovasi genting panel surya, seperti dilansir architectureadmirers.com, kita dapat berharap banyak. Visualisasi yang menarik dan pilihan material yang mumpuni, menjadikan genteng panel surya ini dapat menjadi alternatif pilihan penggunaan sistem panel surya di rumah anda.

Iklan

genteng panel surya

Genteng ini terbuat dari tanah liat alami namun diselipkan panel surya diatasnya. Panel surya pada permukaan genteng akan terkoneksi satu sama lain melalui kabel. Tidak dijelaskan dengan detail berapa kapasitas Wp setiap genteng panel surya, namun penggunaan genteng surya secara maksimal dapat memberikan efisiensi penggunaan listrik PLN hingga 20%.

Selain itu, ada juga genteng panel surya yang transparan dengan citra estetis yang tinggi. Genteng ini dibuat dari plexiglass atau PMMA yang tahan terhadap segala cuaca dan bekerja lebih baik karena produk ini bisa meneruskan cahaya matahari sebanyak 90 persen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =

Iklan

Pesan