Goods

Generator Portabel Bertenaga Surya: River

Persaingan produk generator portabel bertenaga surya semakin memanas dengan hadirnya pabrikan baru yang menjanjikan perangkat dengan bobot yang lebih ringan, kapasitas lebih besar, dan model praktis, yang dapat melistriki apa saja, dari ponsel, lapotop, bahkan hingga mini fridge.

Generator portabel bertenaga surya dari EcoFlow

Startup pendatang baru EcoFlow menyatakan akan menghadirkan generator portabel yang mampu mencatu daya 11 perangkat pintar secara bersamaan. Dan dengan inverter yang telah menjadi satu dengan perangkat, maka memungkinkan perangkat ini dihubungkan pada 2 perangkat berdaya AC secara bersamaan.

RIVER tampak lebih mirip genset bertenaga surya, namun sebenarnya perangkat tersebut dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi yang bisa dicatu ulang menggunakan panel surya. Panel surya tersebut bertipe folding (dapat dilipat) dengan kapasitas 50 W, dapat mengisi ulang penuh daya setelah 10-15 jam mendapatkan cahaya matahari.

Genset surya dengan kemampuan mumpuni

RIVER memiliki baterai berteknologi li-on dengan kapasitas 116,000 mAh/ 412Wh, atau cukup untuk mencatu daya 30 buah smartphone atau 9 laptop, dan menyalakan kulkas mini selama 10 jam. Beratnya hanya kurang lebih 5 kg, lebih ringkas daripada kompetitornya dari Goal Zero, yang beratnya mencapai 8 kg dan lebih besar.

Perangkat generator portabel bertenaga surya ini dapat juga dicatu dengan AC outlet (selama kurang lebih 6 jam) atau dengan outlet 12V pada mobil (selama kurang lebih 9 jam). RIVER berpotensi menghasilkan output maksimal 500W (AC ataupun DC), yang bisa disalurkan dengan 6 port USB (USB Quickcharge, USB, and USB-C), 2 port DC 12V, 12V outlet mobil, dan 2 AC outlet standar.

generator portabel bertenaga surya

Suhu normal operasi perangkat ini adalah -20 sampai 60 derajat celcius. Unit dilengkapi dengan fan dan pengatur suhu untuk menghindari overheating, untuk melindungi dari goncangan, material perangkat bersertifikasi IP36 (anti air, goncangan, dan debu).

Dari informasi yang ada, RIVER tampak menjadi kompetitor yang cukup serius pada segmen panel surya dan genset surya. Terdapat solusi untuk kebutuhan pembangkit listrik bertenaga surya yang portabel dan memiliki banyak opsi output.

Selain itu, perangkat ini mampu menjadi “genset” yang tidak berisik dan bersih. Memang masih terlalu dini untuk membahas kualitas dan ketahanan RIVER, namun perangkat ini akan dilengkapi dengan masa garansi 18 bulan dan baterai bersiklus 500 kali.

Apa komentar anda?

7 − 2 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia