Energy

Fungsi Solar Charger Controller Pada Sistem Panel Surya

Solar Charger Controller pada sistem panel surya (atau sering kali disebut SCC atau Battery Control Unit (BCU) atau Battery Control Regulator (BCR) ) adalah bagian yang cukup penting.

Peran utama SCC adalah melindungi dan melakukan otomatisasi pada pengisian baterai. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem dan menjaga agar masa pakai baterai dapat dimaksimalkan.

Ada beberapa kondisi yang dapat dilakukan oleh Solar Charger Controller pada sistem panel surya :

Mengendalikan tegangan panel surya anda

Tanpa fungsi kontrol pengendali antara panel surya dan baterai, panel akan melakukan pengisian baterai melebihi tegangan daya yang dapat ditampung baterai, sehingga dapat merusak sel yang terdapat di dalam baterai.

Mengisi daya baterai secara berlebihan dapat mengakibatkan baterai meledak!

Mengawasi tegangan baterai anda

SCC dapat mendeteksi saat tegangan baterai anda terlalu rendah. Bila tegangan baterai turun di bawah tingkat tegangan tertentu, SCC akan memutus beban dari baterai agar daya baterai tidak habis.

Penggunaan baterai dengan kapasitas daya yang habis, akan merusak baterai. Bahkan baterai dapat menjadi tidak dapat digunakan kembali.

Menghentikan arus terbalik pada saat malam hari

Pada malam hari, panel surya tidak menghasilkan arus, karena tidak terdapat lagi sumber energi, yaitu matahari. Alih-alih arus berhenti mengalir, arus yang terdapat dalam baterai dapat mengalir terbalik ke panel surya, dan hal ini dapat merusak sistem panel surya anda.

SCC berfungsi untuk menghentikan kondisi arus terbalik ini.

Solar Charger Controller Pada Sistem Panel Surya dapat memaksimalkan fungsi sistem panel surya anda.

SCC berfungsi mengatur arus dari beban saat beban tersambung ke SCC. Terminal beban pada SCC dapat digunakan untuk koneksi langsung beban ke SCC, namun SCC masih bisa beroperasi seperti biasa jika tidak ada beban yang terhubung langsung dengannya.

Solar Charger Controller Pada Sistem Panel Surya

Diagram diatas menggambarkan konektivitas sistem panel surya, termasuk panel surya, SCC, baterai dan beban (misalnya bola lampu). Baterai yang terhubung dengan terminal positif dan negatif pada SCC akan diisi daya oleh panel surya. Ketika beban terhubung dengan SCC, maka sistem panel surya dapat berfungsi secara ideal. Namun perlu diingat bahwa pada sistem ini tegangan yang digunakan adalah tegangan DC.

3 Komentar

Apa komentar anda?

nineteen − 7 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia