Application Solar

Freiburg Schlierberg: Permukiman Terintegrasi Surya

Permukiman Terintegrasi Surya di Freiburg Schlierberg adalah salah satu yang pertama dari beberapa permukiman yang menggunakan energi terbarukan di seluruh dunia. Selama terpasang, bangunan Permukiman Terintegrasi Surya dapat menghasilkan energi lebih banyak daripada yang dapat dikonsumsi oleh penduduknya.

Solusi energi cerdas dari Freiburg

Jika ada empat solusi dari manajemen energi yang cerdas, maka hal tersebut adalah:

  1. Menghemat energi.
  2. Memanfaatkan sinar matahari.
  3. Mendistribusikan penyebaran penggunaan energi matahari.
  4. Dan peningkatan pembangkit energi tenaga matahari.

Dengan demikian, ketersediaan sumber daya matahari yang demikian berlimpahnya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Energi plus sebagai bagian Permukiman Terintegrasi Surya

Permukiman terintegrasi solar
Sumber: www.vauban[dot]de
Schlierberg Solar Settlement di Freiburg adalah salah satu Permukiman Terintegrasi Surya pertama yang menggunakan energi plus di seluruh dunia. Arsitek dan inisiator Freiburg, Rolf Disch mengatakan bahwa proyek ini merupakan sebuah ekosistem yang ingin mendorong efiseinsi penggunaan energi sekaligus memanfaatkan sumber daya yang tidak terbatas dari energi terbarukan.

Kosep energi Plus sebenarnya adalah pembangunan dan pemanfaatan rumah, baik dari sisi arsitektural ataupun manajemen penggunaanya, secara holistik sehingga mampu menggunakan dan menyediakan efisensi energi secara bersamaan.

Permukiman terintegrasi solar sebagai proyek unggulan

Permukiman terintegrasi solar adalah bagian dari proyek unggulan Freiburger. Permukiman ini terletak di distrik “Vauban“. Distrik ini dibangun sekitar tahun 2000 pada situs bekas militer pasukan Perancis di wilayah 38 hektar untuk 5.300 penduduk.

Terdapat 59 rumah energi plus dengan ukuran 75 sampai lebih dari 200 ukuran meter persegi. Serta terdapat pula kantor dan bangunan komersial. Rumah-rumah dibangun dalam petak yang selaras sebanyak sepuluh baris rumah dengan ukuran yang berbeda. Rencana lantai bangunan mengikuti konsep SolarHouse: tempat tinggal berada di selatan, sedang zona layanan, yaitu dapur, kamar mandi dan ruang keluarga, di utara.

Pembangkit listrik tenaga surya yang terpasang di atap, memiliki total produksi daya sebesar 400 kilowatt. Jumlah ini sudah cukup memberikan daya untuk memenuhi kebutuhan pemukiman dan juga dapat memberi pasokan kelebihan listrik ke jaringan listrik utama.

Permukiman terintegrasi solar
Sumber: www.vauban[dot]de

Proyek lebih lanjut sedang dalam persiapan di seluruh dunia

Sejumlah besar dan kecil proyek, di Jerman dan di seluruh dunia, sedang direncanakan oleh Rolf Disch dan timnya. mereka berencana bersama dengan kantor-kantor arsitektur lainnya di Berlin-Kreuzberg untuk membangun area-area yang dapat mengadposi konsep energi plus.

Di Grenzach-Wyhlen, Basel, permukiman terintegrasi solar selanjutnya akan dibangun, dengan konsep perencanaan energi dan transportasi yang lebih bagus. Dan di Pernacis, Perusahaan perencaan energi plus telah mempersiapkan desain permukiman terintegrasi solar lainnya.

Permukiman Terintegrasi Surya memberikan kontribusi yang signifikan untuk perlindungan iklim dan kebijakan energi. Hal ini dikarenakan Permukiman Terintegrasi Surya mampu memberikan nilai lebih secara ekonomis dan ekologis, serta pada saat yang sama dapat menimbulkan kemajuan progresif dalam konservasi sumber daya dan bisa membantu untuk menjaga kemakmuran kita di masa depan.

Apa komentar anda?

3 × 3 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia