Energi Terbarukan Dapat Menciptakan Tiga Ratus Ribu Lapangan Pekerjaan di India Dalam Lima Tahun ke Depan
Initiatives

Energi Terbarukan Dapat Menciptakan Tiga Ratus Ribu Lapangan Pekerjaan di India Dalam Lima Tahun ke Depan

Dewan Energi, Lingkungan, dan Air (Council on Energy, Environment, and Water) India menyatakan, dalam laporan gabungan dengan Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam (Natural Resources Defense Council), bahwa pertumbuhan Energi Terbarukan Dapat Menciptakan tiga ratus ribu Lapangan Pekerjaan baru di India, dalam lima tahun ke depan.

Sebuah laporan baru oleh kedua institusi energi terdepan di India tersebut memperkirakan bahwa perkembangan energi terbarukan negara tersebut dapat memberikan tambahan 300.000 lapangan kerja dalam lima tahun ke depan.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi India untuk mengakomodasi kelas menengah yang sedang menanjak, kebutuhan listrik India juga meningkat dan, sejalan dengan peningkatan kebutuhan tersebut, permintaan untuk energi terbarukan juga meningkat.

Target-target tersebut membantu mendorong investasi dan minat pada tenaga surya dan angin, dengan khususnya PV rooftop dilihat sebagai sektor yang berpotensi mendorong perubahan dari segi lapangan pekerjaan dan maupun pemasangan dalam lima tahun ke depan.

Hal ini merupakan kesimpulan dari Dewan Energi, Lingkungan, dan Air (CEEW) dan Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam (NRDC), yang bersama-sama menerbitkan laporan minggu ini yang berjudul Menghijaukan Tenaga Kerja India: Mempersiapkan Diri Untuk Pengembangan Tenaga Surya dan Angin di India (Greening India’s Workforce: Gearing Up For Expansion of Solar and Wind Power in India).

“Pengembangan energi bersih menciptakan ribuan lapangan pekerjaan baru sekaligus mencapai target-target ekonomi dan iklim India,” dikutip dari penulis laporan tersebut, Nehmat Jaur, yang merupakan konsultan dan ahli perkembangan ekonomi NRDC.  “Dengan kesempatan yang besar ini, India sedang melangkah sebagai pemimpin dunia dalam menunjukkan bagaimana ekonomi yang sedang berkembang dapat meningkatkan skala energi terbarukan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan memberikan akses dalam menghadapi permintaan energi yang meningkat.”

Energi Terbarukan Dapat Menciptakan tiga ratus ribu Lapangan Pekerjaan

Laporan tersebut memperkirakan sekitar 300.000 lapangan pekerjaan di bidang energi bersih akan diciptakan dalam lima tahun ke depan, tapi jika India sukses mencapai target 75 GW, maka lebih dari 1 juta lapangan pekerjaan dapat diciptakan.

PV rooftop sendiri dapat menciptakan 238.000 lapangan pekerjaan, seperti dinyatakan oleh CEEW, dengan tenaga surya skala besar dapat menciptakan 58.600 lapangan pekerjaan lainnya.

Di Twitter, Menteri Energi India, Piyush Gopal, menyambut laporan tersebut dengan memberikan tweet:

“Energi terbarukan bukan hanya memberikan India energi listrik yang bersih dan terjangkau, tetapi juga menciptakan lebih dari 3 lakhs (300.000) lapangan pekerjaan dalam 5 tahun ke depan.”

Berdasarkan laporan tersebut, 80% dari lapangan pekerjaan tersebut akan diciptakan pada fase konstruksi dari proyek tenaga surya dan angin, tetapi lini bisnis yang besar dari proyek-proyek tersebut akan menciptakan kesempatan untuk para pekerja tersebut untuk tetap bekerja dalam jangka waktu yang lama, seperti dinyatakan oleh program associate CEEW, Neeraj Kuldeep. Energi Terbarukan Dapat Menciptakan tiga ratus ribu Lapangan Pekerjaan.

Secara nasional, kota Uttar Pradesh dan Maharashtra akan menciptakan paling banyak lapangan pekerjaan di bidang tenaga surya.

Di 2016, sektor energi terbarukan India menambahkan 21.000 lapangan pekerjaan baru, angka yang akan meningkat menjadi 25.000 di tahun 2017.

“Karena kebanyakan lapangan pekerjaan tersebut ada di sektor PV rooftop, pemerintah pusat dan daerah harus menyediakan kebijakan yang lebih baik untuk mendukup PV rooftop, “tegas Kuldeep.

Apa komentar anda?

2 × 4 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia