Startup

Energi Surya untuk Daerah Tertinggal di Indonesia

Sebagai negeri tropis, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa terhadap energi terbarukan. Menurut laporan International Energy Agency (IEA) tahun 2015, Indonesia mempunyai potensi energi matahari sekitar 1.200 GW. Dengan kata lain Pemanfaatan energi matahari ini cocok untuk digunakan di Indonesia, terutama energi surya untuk daerah tertinggal. Pemanfaatan energi surya secara aktif adalah melalui penggunaan panel fotovoltaik dan panel penyerap panas.

Energi Surya untuk Daerah Tertinggal di Indonesia

Salah satu masalah terbesar di Indonesia adalah pasokan listrik yang belum mencukupi. Hal ini menyebabkan penyebaran listrik di Indonesia tidak merata dan memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah kelistrikan ini. Salah satunya adalah penggunaan energi surya yang mudah dipasang untuk keperluan listrik darurat di tempat-tempat yang paling membutuhkan, seperti pemasangan energi surya untuk daerah tertinggal.

Surya Utama Nuansa (SUN) memberikan dukungan total terhadap solusi energi terbarukan karena SUN percaya bahwa energi terbarukan, terutama yang berasal dari matahari, dapat memberikan pasokan listrik yang tak terbatas dan menghemat biaya jangka panjang.

Sebagai perusahaan start-up, SUN bangga dengan daftar portfolio yang terus berkembang. Proyek-proyek yang telah ditangani meliputi: lampu jalan solar di Kalimantan Selatan untuk PT. Borneo Indobara, solar panel untuk pos sekuriti dan kantor utama milik PT. Berau, lampu jalan solar untuk Berau PJU dan solar panel untuk Komunitas Adat Terpencil (KAT) Birang, Berau, Kalimantan Timur.

energi surya untuk daerah tertinggal
Salah satu instalasi oleh SUN di Berau (Sumber: dok SUN)

Kampanye 365WithSUN

Selain di sisi bisnis, SUN juga mengajak masyarakat untuk semakin akrab dengan energi terbarukan. Melalui kampanye tahunan #365WithSUN, SUN mendorong untuk peningkatan kesadaran solusi energi terbarukan. 365 merupakan singkatan dari jumlah hari dalam setahun, dimana hal ini berarti kampanye sosial dari SUN tidak akan berhenti hanya setelah satu tahun.

365withSUN terbagi dalam 3 pilar kampanye untuk mencapai tujuan utamanya:

  1. SUN Berbagi; Kampanye ini mengajak untuk berkontribusi dana untuk gerakan ini. Contohnya Perusahaan bisa berkontribusi dengan mengintegrasikan CSR-nya.
  2. SUN Patriot; Kampanye ini mendorong individu yang peduli untuk mengkontribusikan dirinya sendiri, dengan menjadi duta energi dan memberi informasi yang terkait energi terbarukan di sekitar lingkungan.
  3. SUN Ambassador; Kampanye ini mengajak tokoh-tokoh untuk mengontribusikan jaringan dan pengaruh yang dimiliki untuk meningkatkan kepedulian terhadap penggunaan energi terbarukan dan lingkungan sekitar.

Melalui penyediaan produk yang berkualitas dan menyebarkan pemahaman tentang energi terbarukan, SUN menciptakan perubahan ke arah energi berkelanjutan yang berdampak baik bagi kehidupan. Selain bisa menghemat biaya, menjaga lingkungan dari kerusakan, serta yang paling utama menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak dan cucu.

Apa komentar anda?

16 − twelve =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia