Application

Efisiensi Penggunaan Genset Dengan Panel Surya

Di Indonesia, penggunaan Genset untuk produksi listrik masih banyak digunakan. Terutama untuk daerah-daerah di kawasan timur. Penggunaan Genset dengan kapasitas besar, oleh PLN sekalipun, difungsikan untuk melayani ibukota kota/kabupaten dan provinsi. Untuk rumah tangga, genset dengan kapasitas hingga 1 KVA juga banyak digunakan.

Genset digunakan karena jenis pembangkit ini paling mudah untuk diinstalasi dan difungsikan. Namun kendala tidak menentunya pasokan bahan bakar dan biaya pengoperasian, juga perawatan, yang cukup mahal, menjadikan pengguna membutuhkan solusi pembangkit lainnya.

Efisiensi Penggunaan Genset Dengan Panel Surya

Tenaga surya, yang selalu tersedia 24 x 7 di seluruh pelosok Indonesia dan ketersediaan sistem pembangkit yang murah dan efektif. Menjadikan tenaga surya sebagai salah satu sumber daya pembangkit listrik yang dapat dimanfaatkan secara baik.

Jika dilihat, efisiensi penggunaan genset dengan panel surya cukup tinggi. Sebagai simulasi, sistem panel surya dapat mengefisienkan penggunaan genset hingga 20%, pada waktu penggunaan sama-sama di 24 jam dan dengan kapasitas yang setara.

Aplikasi panel surya di kawasan timur

Efisiensi Penggunaan Genset Dengan Panel Surya

Kawasan timur Indonesia, banyak terdiri dari daerah kepulauan. Dengan kondisi seperti ini, pasokan bahan bakar untuk genset akan sangat bergantung dengan ketersediaan transportasi dan kondisi alam.

Jikapun kedua hal tersebut telah dapat diatasi, namun telah menyebabkan harga bahan bakar cenderung untuk lebih tinggi. Sebagai hasil akhirnya, ketersediaan energi listrik juga menjadi “mahal” dan “langka”.

Namun, dengan kombinasi penggunaan panel surya dan genset, permasalahan-permasalahan tersebut dapat diminimalisir. Sistem panel surya, yang hanya membutuhkan matahari untuk memproduksi energi dan memiliki teknologi yang inovatif, menyebabkan listrik produksi dari sistem panel surya dapat membantu suplai listrik yang lebih baik.

Sistem panel surya hybrid dengan genset

Untuk efisiensi penggunaan genset dengan panel surya, dapat digunakan sistem PLTS Hybrid. Sistem ini merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), baik off grid ataupun on grid, yang terhubung dengan genset, sehingga bersama-sama bisa memproduksi listrik untuk disuplai ke pengguna.

Sistem ini, dengan penggunaan baterai, juga mampu bekerja 24 jam. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kekurangan energi di malam hari. Disamping itu, panel surya tidak memiliki komponen bergerak seperti genset, sehingga tidak menghasilkan polusi suara juga mudah dalam perawatan.

Sistem panel surya, walaupun membutuhkan investasi lebih mahal di awal pelaksanaan, namun jika dibandingkan dengan pengoperasian genset hingga 25 tahun. Sistem panel surya jauh lebih murah dan efisien. Oleh karena itu, pengaplikasian sistem panel surya dengan genset, sudah semestinya didorong secara luas.

Apa komentar anda?

eleven − 3 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia