Goods

Efisiensi Panel Surya Tertinggi dari Panasonic

Tahun lalu, SolarCity mengumumkan akan memulai manufaktur “panel surya paling efisien di dunia” di pabriknya di Buffalo, New York, mulai tahun 2016. SolarCity mengklaim telah merancang sebuah panel yang mengkonversi 22,1% dari sinar matahari menjadi listrik.

Namun, kurang dari seminggu kemudian, Panasonic mengklaim telah melampaui prestasi itu. Sebuah panel surya Panasonic telah berhasil memecahkan rekor dunia untuk efisiensi konversi modul surya dengan efisiensi 22,5% pada prototipe sel surya komersial yang berbasis pada teknologi produksi massal.

Efisiensi Panel Surya Tertinggi dari Panasonic

Efisiensi Panel Surya Tertinggi dari Panasonic

Hasil tes tersebut telah dikonfirmasi oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, Jepang. Panel surya prototipe 270-watt dengan 72-sel diklaim sudah mampu diproduksi secara masal.

“Rekor efisiensi panel baru menunjukkan sekali lagi membuktikan kepemimpinan Panasonic di bidang PV dan komitmen berkelanjutan kami untuk melakukan inovasi teknologi panel surya” kata Daniel Roca, pengembang bisnis senior di Panasonic Eco Solutions Eropa dalam siaran pers perusahaan oleh Panasonic Electric Works Eropa AG.

Panel surya hetero-junction Panasonic

Panasonic juga memperkenalkan HIT N330, Sebuah produk panel surya hetero-junction. Produk ini akan tersedia di Inggris dan Eropa lainnya mulai bulan Maret 2016. Diproduksi di Panasonic Malaysia dengan pabrik yang terintegrasi secara vertikal, HIT N330 memiliki efisiensi modul 19,7%  dan daya nominal output 330 watt.

Modul 96 sel, HIT N330, dapat menghasilkan daya 27% lebih baik dibandingkan dengan 260 watt modul multi-crystalline. Dengan peningkatan jumlah produksi yang lebih baik untuk luasan pemasangan pada atap yang sama, maka penyedia jasa instalasi panel surya akan mendapatkan biaya sistem secara signifikan lebih rendah dibanding instalasi panel dengan multi crystalline.

“Panel HIT N330 menawarkan kepadatan energi yang lebih tinggi per meter persegi dan mengurangi jumlah modul yang diperlukan, sehingga ideal untuk pasar Eropa. Penyedia jasa instalasi panel surya bisa mendapatkan kinerja tinggi HIT N330 namun dengan biaya instalasi yang lebih rendah.” kata Roka.

Klaim SolarCity dan Panasonic, menunjukkan bahwa masa depan tenaga surya akan lebih cerah dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan produsen terus berlomba-lomba melakukan inovasi untuk membuktikan produk terbaik. Tentu saja, hal ini akan sangat menguntungkan bagi konsumen.

Apa komentar anda?

3 + 9 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia