Panel surya terdiri dari sel-sel surya (Photovoltaic Cells) yang disusun seri dan paralel. Cara kerja sel surya adalah dengan mengubah energi matahari menjadi listrik. Sel surya ini terbuat dari bahan khusus semikonduktor yang disebut dengan silikon.

Cara Kerja Sel Surya

Ketika cahaya mengenai sel silikon, cahaya tersebut akan diserap oleh sel silikon, hal ini berarti bahwa energi cahaya yang diserap telah ditransfer ke bahan semikonduktor yang berupa silikon. Energi yang tersimpan dalam semikonduktor ini akan mengakibatkan elektron lepas dan mengalir dalam semikonduktor. Elektron yang mengalir ini adalah arus listrik

Untuk mendapatkan arus ini, maka tiap sel surya harus dihubungkan. Hubungan ini kemudian di arahkan ke sebuah terminal + dan -, sehingga rangkaian beberapa sel ini akan membentuk sebuah set panel surya yang lengkap.

cara kerja sel surya

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Ketika mendapatkan pancaran sinar matahari pada umumnya satu sel surya dapat menghasilkan tegangan DC sebesar 0,5 sampai dengan 1 volt, dan juga arus short-circuit. Besar tegangan dan juga arus tersebut tidak cukup untuk diaplikasikan langsung. Sehingga pada umumnya sejumlah sel surya disusun membentuk panel surya secara seri untuk memaksimalkan cara kerja sel surya.

kebanyakan, panel surya terdiri dari 28 sampai 72 sel surya, yang dapat menghasilkan tegangan DC 12-38 Volt dalam kondisi sinar standar. Panel surya dapat digabungkan dengan cara seri dan juga paralel untuk memperbesar tegangan dan juga arus pada output sesuai daya yang dibutuhkan pada aplikasi tertentu.

Jenis sel surya pada panel surya

Secara umum ada 3 jenis sel surya yang digunakan pada panel surya sekarang ini, yaitu:

  1. Crystalline Silicon (c-Si); Panel surya jenis ini memanfaatkan material silikon sebagai bahan utama penyusun sel surya.
  2. Thin-film solar cell ; Panel surya Thin Film menggunakan banyak lapisan material sebagai bahan material penyusunnya. Panel surya ini merupakan panel generasi kedua. Ketebalan lapisan materialnya mula dari nanometers (nm) hingga micrometers (µm).
  3. Material lainnya; Panel surya pada generasi ketiga tersusun atas lebih banyak variasi material untuk masing-masing panel surya. Material yang digunakan mulai dari materi organik hingga materi-materi baru yang dirasa dapat meningkatkan efisiensi konversi energi.
https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/02/cara-kerja-sel-surya.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/02/cara-kerja-sel-surya-300x159.jpgJanalokaEnergyaplikasi plts,cara kerja panel surya,cara kerja PLTS,cari panel surya murah,development,energ,PLTS,plts murah,sel surya,solar system,technology,teknologiPanel surya terdiri dari sel-sel surya (Photovoltaic Cells) yang disusun seri dan paralel. Cara kerja sel surya adalah dengan mengubah energi matahari menjadi listrik. Sel surya ini terbuat dari bahan khusus semikonduktor yang disebut dengan silikon. Cara Kerja Sel Surya Ketika cahaya mengenai sel silikon, cahaya tersebut akan diserap oleh sel silikon, hal...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: