Invention

Belanda Sudah Punya Jalur Sepeda Berpanel Surya

Memasang panel surya di jalur sepeda? Terdengar sebuah ide yang tidak masuk akal. Tetapi itulah yang terjadi Belanda. Seolah-olah mereka sudah kehabisan atap untuk dipasang sel surya. Belanda Sudah Punya Jalur Sepeda Berpanel Surya!

Namun, kalau berbicara soal masa depan disaat seluruh dunia mengandalkan energi surya, barangkali jumlah luasan atap bahkan jendela dan bangunan sudah tidak cukup menampung panel sel surya yang dibutuhkan untuk menutup kebutuhan listrik mereka, sehingga kelak ide ini bisa menjadi masuk akal.

Jalur sepeda berpanel surya oleh SolaRoad

Rogier van Rooij melalui tulisannya di CleanTechnica berbagi cerita mengenai kesuksesan SolaRoad memasang panel surya di jalur sepeda di Belanda yang kini terus berkembang. Menurut press release SolaRoad, sejak pemasangan pertama mereka sebelumnya, mereka telah menambahkan panel sepanjang 20 meter dengan jenis material yang lebih cocok untuk instalasi pada jalur sepeda. Elemen yang dipakai pun tidak memiliki lapisan kaca seperti pada pemasangan yang sebelumnya. Material tersebut memiliki lapisan sel surya yang tipis di dalamnya.

Roger juga bercerita meski banyak kendala dalam pemasangan panel surya di jalanan, seperti modul yang harus dipasang pada sudut datar, lapisan kaca pelindung yang tebal, dan jumlah pejalan dan pesepeda yang banyak sekali sehingga menghalangi cahaya matahari.

Jalur Sepeda Berpanel Surya

Jumlah daya yang dihasilkan panel tersebut sudah melebih jumlah yang diharapkan. Sudah setengah tahun sejak program ini dimulai, SolaRoad dalam press release melaporkan sudah sebanyak 3000 kWh yang dihasilkan. Tiap panel surya berhasil melebihi target sebanyak 70 kWh per meter persegi. Pada tahun pertamanya SolaRoad menghasilkan 9.800 kWh, jumlah rata-rata yang dibutuhkan 3 rumah untuk menutupi kebutuhan listriknya.

Biaya yang telah digelontorkan untuk proyek ini mencapai US$3.7 juta. Angka yang cukup fantastis untuk melistriki tiga buah rumah di Belanda, yang tentu saja ukurannya cukup kecil.

Biaya tinggi untuk inovasi lebih baik

Meski biaya per kWh masih belum bisa dideteksi, melihat dana yang dibutuhkan listrik yang dihasilkan SolaRoad cenderung lebih mahal karena sekala produktifitasnya yang rendah. Tentu saja program ini tidak bisa ditandingkan dengan project seperti energi surya untuk atap, apalagi soal biaya produksi dan instalasi. Yang ditonjolkan dari program ini adalah perbandingan biaya pembuatan trotoar berpanel surya ini, yang mampu menghasilkan listrik, dibandingkan dengan budget trotoar konvensional.

Riset yang masih terus dilakukan dan antusias tinggi dari berbagai pihak bisa berpotensi melahirkan program serupa dengan skala yang lebih besar. Perhitungan ekonomi yang selalu dilakukan tentu akan menekan biaya produksi, dan teknologi jalur sepeda berpanel surya pun semakin dekat.

Apa komentar anda?

five × 2 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...